Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Buka 4 Program Pelatihan IT, Beri Dana hingga Rp 140 Juta

Kompas.com - 20/03/2023, 11:45 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Data World Digital Competitiveness 2021 mencatat, daya saing digital di Indonesia berada di peringkat 53 dari 64 negara.

Di tengah ledakan adopsi teknologi, daya saing digital Indonesia masih rendah dan tidak sedikit perusahaan yang kesulitan mencari karyawan dengan kemampuan digital tinggi.

Itulah mengapa, pemerintah menyebut Indonesia membutuhkan 600.000 talenta digital untuk menavigasi roda perekonomian setiap tahunnya.

Hal ini memberikan peluang besar bagi generasi muda untuk berkarir di industri teknologi dan ikut berkontribusi menjadi salah satu talenta digital terdepan di Indonesia.

Baca juga: Bantu Siswa Kerjakan PR dan Belajar, Google Luncurkan Fitur Baru

Walaupun tidak memiliki latar belakang pendidikan di bidang IT, tetap ada kesempatan bagi generasi mudah untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan agar peluang karier di industri ini semakin terbuka. Kesempatan ini dibuka oleh Google.

Google menghadirkan beberapa program untuk belajar IT yang menyajikan kurikulum yang dirancang khusus agar memudahkan peserta memahami dan meningkatkan keterampilan mereka di bidang IT.

Berikut empat program digital Google yang dapat kamu coba:

1. Bangkit

Bangkit adalah akademi karier yang didesain melalui kemitraan dengan Dirjen Pendidikan Tinggi dari Kemendikbud, Gojek, Tokopedia, dan Traveloka—ditawarkan melalui Kampus Merdeka.

Diperkenalkan sejak tahun 2020, Bangkit menawarkan topik pembelajaran machine learning, mobile development, dan cloud computing.

Baca juga: Beasiswa S2 Inggris bagi Perempuan, Kuliah Gratis hingga Tunjangan Anak

Bangkit telah menghasilkan lebih dari 4.700 lulusan dan puluhan proyek terbaik menerima dana inkubasi sebesar masing-masing Rp 140 juta.

Gelombang pertama 2023 telah dimulai Februari 2023 ini, dan bagi kamu yang berminat bergabung, masih ada kesempatan di gelombang kedua pada pertengahan tahun nanti. Silakan pantau terus informasi lebih lanjut di sini.

2. Google Career Certificates

Google Career Certificates (GCC) merupakan program sertifikasi profesional yang dirancang oleh pakar materi pelajaran dan praktisi senior di Google.
Inisiatif ini diharapkan dapat membantu masyarakat Indonesia siap menghadapi era digitalisasi dan mendapatkan pekerjaan yang kini banyak dibutuhkan, seperti IT Support, Data Analytics, Project Management, dan UX Design.

Sejak diperkenalkan pada Desember 2021, GCC telah memberikan belasan ribu beasiswa untuk mengasah skill dan belajar ilmu IT.

Program sertifikasi ini sepenuhnya dilakukan secara online sehingga peserta dapat mengakses video, bacaan, dan tugas pelatihan kapan saja dan di mana saja melalui web atau mobile.

Bagi mahasiswa yang berminat dapat mendaftarkan diri dengan berlangganan di Coursera, atau pantau terus informasi lebih lanjut mengenai beasiswa sertifikasinya di sini.

Baca juga: Djarum Buka Beasiswa Plus 2023 bagi Mahasiswa, Beri Uang Saku Bulanan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com