Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

40 Perguruan Tinggi Klaster Mandiri 2023 Versi Kemendikbud Ristek

Kompas.com - 09/03/2023, 16:34 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mengumumkan llasterisasi perguruan tinggi tahun 2023.

Terdapat 162 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang masuk klasterisasi Mandiri, Utama, Madya, dan Pratama.

Klasterisasi perguruan tinggi Kemendikbud Ristek adalah pengelompokan kampus sesuai dengan kualifikasi kinerja perguruan tinggi.

Hasil ini berfungsi sebagai dasar penyusunan peta jalan riset dan rencana strategis dan sebagai landasan penentuan kewenangan pengelolaan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di perguruan tinggi.

Baca juga: 6 Tips Memilih Perguruan Tinggi, Cek Rasio Mahasiswa dan Staf

Direktur Riset, Teknologi, dan Pengmas Kemendikbud Ristek, M Faiz Syuaib mengatakan klasterisasi bukanlah pemeringkatan kampus.

Perguruan tinggi diurutkan berdasarkan alfabetis dan tidak mengindikasikan urutan nilai skor maupun pemeringkatan.

Faiz menyebut, klasterisasi perguruan tinggi 2023 dilakukan pada 880 perguruan tinggi penyelenggara pendidikan akademik dan 162 perguruan tinggi penyelenggara pendidikan vokasi.

"Klasterisasi perguruan tinggi 2023 didasarkan pada hasil olahan data kinerja perguruan tinggi berbasis SINTA dalam periode tahun 2019 hingga 2022," tulis Faiz dalam keterangan tertulis di pengumuman tersebut, Kamis (9/3/2023).

Data kinerja ini berupa penulis (author), afiliasi (affiliation), jurnal (journal), penelitian (research), pengabdian kepada masyarakat (community service), kekayaan intelektual (intellectual property rights), dan buku (book).

Data yang disajikan sebelumnya diperhitungkan, diverifikasi, dan divalidasi oleh verifikator Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) perguruan tinggi.

Baca juga: 20 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2023

Dengan adanya klasterisasi perguruan tinggi, diharapkan dapat mengakselerasikan kinerja perguruan tinggi melalui skema-skema kolaborasi yang menyatukan dan menyinergikan potensi-potensi perguruan tinggi.

Baik melalui kolaborasi antar perguruan tinggi lintas klaster dalam peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Berdasarkan surat Keputusan Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat Nomor 0241/E5/DT.06.01/2023, ada 40 PTN klaster 1 atau Mandiri 2023.

Berikut daftar perguruan tinggi klaster mandiri 2023 yang bisa kamu ketahui.

Daftar Perguruan Tinggi Klaster Mandiri 2023

1. Institut Pertanian Bogor

2. Institut Teknologi Bandung

3. Universitas Teknologi Sepuluh Nopember

4. Universitas Ahmad Dahlan

5. Universitas Airlangga

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com