Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asah Kreativitas, Prakarya Indonesia Jalin Kerja Sama dengan 1.000 Sekolah

Kompas.com - 28/02/2023, 10:08 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Saiful Anwar alumni Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Airlangga menggagas lahirnya Prakarya Indonesia, sebuah wadah khusus sebagai media pembelajaran dalam mengasah keterampilan dan kreativitas anak-anak di sekolah.

Didirikan tahun 2010, kini Prakarya Indonesia mulai mengembangkan sayap dengan mengajar ke sekolah-sekolah dan mengisi kegiatan ekstrakurikuler keterampilan.

"Sejak 2014 sampai saat ini, kami sudah bekerja sama dengan 1.000 lebih sekolah di seluruh Indonesia," ungkap Saiful melalui rilis resmi yag diterima Kompas.com (27/2/2023).

Setidaknya ada 21 model kegiatan yang telah dikembangkan Prakarya Indonesia dalam mengasah kreativitas dan jiwa seni anak-anak. Kegiatan keterampilan ini dapat diaplikasikan mulai dari tingkat sekolah dasar, SMP hingga SMA.

"Kami mempunyai produk prakarya terlengkap se-Indonesia. Kegiatannya mulai dari membatik, seni tanah liat, melukis tas, mewarnai wayang, kerajinan merangkai bunga, menjahit dompet, anyaman hingga membuat kerajinan dari barang bekas, stik es krim dan biji-bijian," papar Saiful.

Syaiful menilai, kreativitas adalah potensi yang harus diasah sejak usia dini karena merupakan pondasi penting bagi anak agar memiliki imajinasi luas dan cepat tanggap menghadapi masalah.

"Mengasah kreativitas melalui pembelajaran di sekolah akan lebih efektif karena kegiatan ini menjadi bagian dari kurikulum pendidikan," jelasnya.

Kembangkan entrepreneurship

Selain menumbuhkan kreativitas, Prakarya Indonesia juga menanamkan jiwa wirausaha dengan mengajarkan anak mengolah berbagai macam limbah menjadi barang bernilai seni.

"Kami juga meningkatkan kreativitas siswa untuk dapat berkarya dengan berbagai macam bahan limbah agar menjadikannya bernilai tinggi," terang Saiful.

Selain kreativitas dan jiwa wirausaha, diakui Saiful bahwa kegiatan prakarya ini juga turut mengasah bakat seni anak-anak.

Baca juga: 8 Langkah Membuat Komik dengan Google, Asah Kreativitas Anak

"Bagi kami, seni itu memiliki sejuta makna dan rasa, dari seni kita bisa menginspirasi banyak orang dan bisa membawa dampak positif bagi lingkungan, terlebih kami juga mempraktekan seni dari barang bekas untuk di olah dan menjadi barang yang bernilai jual," ujarnya.

Saat ini Prakarya Indonesia yang berlokasi di Jalan Masjid Baiturrahim No.117B Pondok Aren Tangerang Selatan, menyediakan pelatihan reguler bagi sekolah. Informasi pelatihan bagi sekolah ini dapat diakses melalui website resmi prakaryaindonesia.com atau melalui akun instagram prakarya.indonesia.

"Kami terus mengembangkan tim dan kurikulum yang ada, guna meningkatkan antusiasme siswa dan sekolah serta peran orangtua terhadap penumbuhan bakat kreativitas anaknya dalam hal kesenian dan Prakarya," ujar Saiful.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com