Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Siswa dan Siswi Sekolah Ini Gapai Penghargaan Debat Nasional

Kompas.com - 22/02/2023, 13:50 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Menurut jurnal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), pendidikan holistik merupakan pendidikan yang mengembangkan seluruh potensi siswa secara harmonis, meliputi potensi intelektual, emosional, fisik, sosial, estetika, dan spiritual .

Hal ini juga yang menjadi dasar utama bagi Sekolah Bina Bangsa dalam mempersiapkan generasi masa depan berkarakter dan berkompeten.

Berbagai kesempatan diberikan kepada para murid untuk mengembangkan talenta mereka, salah satunya dalam hal berkompetisi, khususnya debat.

Baca juga: Beasiswa Cendekia Muda 2023 bagi SMA-S3, Total Beasiswa Rp 12 Juta

Pada Februari 2023 menjadi bulan yang membanggakan bagi Sekolah Bina Bangsa.

Itu karena 5 siswa dan siswinya akan mengikuti seleksi kompetisi debat international, World’s Schools Debating Championship 2023.

Kompetisi debat bergengsi ini diikuti oleh lebih dari 60 negara dengan tiap tim/perwakilan terdiri dari 5 peserta.

Para peserta debat dari Sekolah Bina Bangsa diseleksi secara ketat oleh Kemendikbud Ristek setiap tahunnya.

Di kompetisi tersebut, siswa atau siswi Bina Bangsa mendominasi capaian prestasi.

Dari 10 top finalis, 5 siswa Sekolah Bina Bangsa mampu menorehkan. Kelima siswa itu adalah Rico Chandra, Callista Fidelia Jupiter, Devina Nathania, Joshua Aurelius Waluyo, dan Valerine Hillary Wijono.

Selain kompetisi World’s Schools Debating Championship 2022, salah satu siswi Bina Bangsa juga memenangkan kompetisi debat lainnya, yaitu National Schools Debating Championship (NSDC). Dia adalah Callista Fidelia Jupiter.

Adapun kompetisi ini merupakan kompetisi debat Bahasa Inggris terbesar level SMA se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek yang diadakan bulan Oktober 2022 lalu.

Pada akhirnya, Callista menutup kompetisi ini dengan manis, dia meraih juara umum dan penghargaan sebagai pembicara terbaik dari National Schools Debating Championship (NSDC) 2022.

Baca juga: Beasiswa Kaltim Tuntas dengan Anggaran Rp 375 Miliar, Ini Syaratnya

Kebanggaan mereka dalam meraih banyak penghargaan tersebut tentunya tidak mudah.

Kerja keras dan pantang menyerah menjadi modal utama bagi para siswa atau siswi Bina Bangsa ini untuk menghadapi peserta lain seusianya yang mewakili negara mereka masing-masing.

Tentunya pengetahuan umum dan kepercayaan diri diperlukan juga dalam mengikuti kompetisi ini dan pelatihan extra yang dilakukan oleh pelatih mereka, Kristi Ardiana.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com