Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih Jurusan DKV? Cek Dulu 5 Alat Penting Ini buat Kuliah

Kompas.com - 18/02/2023, 13:23 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ingin memilih jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) buat jenjang D4 maupun S1?

Mumpung saat ini masih pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) atau nanti Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023, kamu harus tahu semua hal tentang jurusan ini.

Selain tahu biaya kuliah DKV, ada yang harus kamu tahu. Misalnya alat atau barang penting yang digunakan untuk kuliah.

Meski tidak semua alat atau barang di bawah ini harus kamu miliki sendiri, namun semua alat ini untuk mengerjakan tugas kuliah sekaligus meningkatkan skill mu bahkan ketika kamu lulus.

Baca juga: 15 Jurusan UB Akreditasi A, Referensi Daftar SNBP 2023

Agus Budiman selaku Dosen Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya menyebut, mahasiswa DKV harus memahami cara menyampaikan pesan dengan baik, tentunya melalui medium desain visual.

Menurutnya ilmu DKV bukan hanya soal seni visual saja, tetapi gabungan antara ilmu komunikasi dan unsur estetika.

“Sehingga untuk mencapai target itu, butuh yang namanya alat bantu perkuliahan sebagai penunjang, hal ini sangat penting untuk menyelesaikan tugas, praktik, ujian semester hingga skripsi,” ujar Budi dilansir dari laman UM Surabaya.

Lantas alat apa saja yang harus dimiliki mahasiswa DKV?

1. Buku sketsa

Menurut Budi yang pertama adalah buku sketsa. Alat ini sebagasi dasar yang harus dimiliki mahasiswa DKV dalam mendesain sebuah produk.

Umumnya buku sketsa digunakan bagi pemula sebelum masuk dalam wilayah desain digital. Proses desain memang dilakukan bertahap dari tradisional menuju digital.

“Selain berfungsi sebagai buku gambar, kertas satuan ini juga dipakai untuk berbagai keperluan seperti melukis, membuat nirmana, membuat sketsa, menulis hingga mencetak hasil karya,” imbuhnya.

2. Pensil warna

Desain komunkasi visual juga mengajarkan tentang bagaimana permainan warna. Dalam hal ini warna sebagai metode penyampaian pesan dan makna paling cepat dalam kategori komunikasi non-verbal.

Baca juga: 10 Jurusan yang Bakal Booming di Masa Depan, Referensi SNBP-SNBT 2023

Dalam menciptakan warna yang indah maka dibutuhkan pensil warna atau cat warna yang bagus.

“Warna menjadi point penting dalam sebuah desain, karena kalau perpaduan warna tidak sesuai makan warna tidak akan menyatu dan bisa merusak desain yang dibuat,” ujarnya.

3. Komputer atau laptop

Budi menyebut alat ini merupakan perangkat keras yang wajib dimiliki mahasiswa DKV. Menurutnya, dalam merealisasikan desain atau karya yang menarik tentu perlu perangkat laptop atau komputer yang memiliki spesifikasi khusus.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com