Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/01/2023, 16:16 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Bagi yang ingin kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN), maka sudah bisa persiapan. Sebab, Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 telah dimulai.

Ada tiga jalur yang dibuka tim SNPMB 2023, yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi Secara Mandiri.

Secara khusus yang berminat kuliah di Universitas Negeri Semarang (Unnes), ada 3 jalur yang dibuka. Tentu, Unnes juga telah mengumumkan kuota penerimaan mahasiswa baru tahun ini.

Baca juga: Ingin Kuliah Unnes? Ini 10 Prodi Paling Diminati, Referensi SNBP 2023

Menurut Rektor Unnes, Prof. S. Martono, lantaran Unnes sudah perguruan tinggi negeri badan hukum (PTN-BH), maka kuotanya ialah:

1. SNBP 2023: 20 persen atau sebanyak 2.214 mahasiswa

2. SNBT 2023: 30 persen atau 3.333 mahasiswa baru

3. Seleksi Mandiri Unnes: 50 persen atau sebanyak 5.603 mahasiswa

"Itu artinya tahun ini Unnes akan menerima sebanyak 11.150 mahasiswa baru yang terbagi dalam tiga jalur SNBP, SNBT, dan Seleksi Mandiri Unnes," ujarnya dikutip dari laman Unnes, Senin (30/1/2023).

Sedangkan terkait biaya kuliah di Unnes, rektor menegaskan akan tetap memberikan afirmasi yang lebih besar kepada mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi.

"Unnes harus menjaga komitmen bahwa Unnes merupakan PTN-BH yang harus tetap memberi peluang pada mahasiswa dari kalangan ekonomi lemah melalui beasiswa dan program di Unnes," terangnya.

"Kami tegaskan tidak ada kenaikan biaya kuliah di Unnes. Kita akan memanfaatkan asset yang ada tanpa menaikan biaya kuliah mahasiswa," tegasnya.

Sementara Wakil Rektor Bidang Akademik Unnes, Prof. Zaenuri mengatakan untuk pelaksanaan jalur:

1. SNBP 2023 akan dibuka pada 14–28 Februari 2023

2. SNBT 2023 terjadwal dibuka 23 Maret – 14 April 2023

3. Jalur Seleksi Mandiri Unnes 2023 akan dibuka secepatnya

Baca juga: 10 Prodi Terketat UNS Saintek dan Soshum 2022, Acuan SNBP 2023

"Ada 72 program studi dengan keilmuan yang beragam. Ada keolahragaan, seni, kependidikan, bahasa, sosial, hukum, teknik dan sebagainya," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com