Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/01/2023, 12:34 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat berencana memasukkan buah hati ke jenjang Sekolah Dasar (SD), orangtua perlu memperhatikan beberapa aturan.

Jika akan memasukkan anaknya ke sekolah dasar negeri, salah satu aturan masuknya adalah siswa sudah berusia minimal 7 tahun.

Sebelumnya, orangtua perlu tahu bahwa aturan usia masuk pada jenjang SD ini telah diatur oleh negara berdasarkan pertimbangan tertentu.

Melansir dari sekolah Cherish Academy, Sabtu (21/1/2022) memaparkan alasan mengapa aturan masuk SD negeri menjadi minimal 7 tahun.

Baca juga: Makna Lambang Osis di Seragam, Kamu Sudah Tahu?

Jika ada orangtua yang berencana memasukkan anaknya ke jenjang SD negeri namun usianya masih di bawah 7 tahun, informasi ini bisa menjadi bahan pertimbangan.

Alasan aturan usia masuk SD minimal 7 tahun

1. Segi psikologis

Salah satu alasan mengapa ada aturan masuk SD usia anak minimal 7 tahun karena anak-anak yang telah berusia 7 tahun memiliki tingkat konsentrasi lebih baik dibandingkan anak-anak usia di bawahnya.

Semakin bertambah usia anak-anak, maka tingkat konsentrasi mereka akan semakin baik. Sehingga mereka mampu membedakan hal-hal yang perlu diperhatikan atau tidak. Itulah kenapa usia masuk SD yang tepat adalah 7 tahun.

Anak-anak berusia di bawah 7 tahun umumnya akan kesulitan berkonsetrasi. Hal ini disebabkan pekembangannya masih pada tahap pematangan kemampuan motorik.

Meskipun secara intelegensi mereka mampu menyelesaikan soal-soal pada jenjang SD, umumnya mereka sering bermasalah karena keterampilan geraknya masih terlalu aktif.

Baca juga: Ini Syarat Besaran Gaji Orangtua untuk Daftar KIP Kuliah

2. Kemandirian

Alasan lain mengapa masuk SD usia anak minimal 7 tahun karena faktor kemandirian anak. Siswa yang sudah duduk di bangku sekolah dasar artinya telah berani dilepas agar menempuh pendidikan secara mandiri.

Siswa sudah tidak lagi ditemani oleh orangtua atau didampingi. Untuk itu, orangtua perlu memperhatikan anak-anak yang masuk SD telah memiliki kemandirian yang lebih matang agar tidak bergantung pada orang lain.

Jika siswa masih bergantung kepada orang lain, maka kemampuan problem solving tidak terbentuk dengan baik.

Pada usia 7 tahun inilah anak-anak dianggap telah mampu memulai kemandirian mereka untuk belajar sendiri di sekolah sehingga disarankan sebagai usia masuk SD yang tepat.

Siswa SD  yang sudah berusia 7 tahun akan belajar menyelesaikan soal-soal dengan segala kemampuannya yang mereka miliki. Namun jika masuk SD negeri di usia yang terlalu muda, mereka akan mudah menyerah dalam menyelesaikan masalah.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com