Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dosen UI Ini Jadi Ilmuwan Muda Indonesia 2022

Kompas.com - 28/12/2022, 20:55 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Dosen Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI), Dr. Nuraziz Handika terpilih menjadi salah seorang ilmuwan yang terlibat dalam Kongres Ilmuwan Muda Indonesia 2022 (KIMI).

Nuraziz atau Aziz adalah dosen dan peneliti di Program Studi Teknik Sipil FTUI yang ahli di bidang rekayasa struktural, terutama dalam percobaan dan pemodelan mekanika rekahan suatu struktur dan material.

Baca juga: 18 Perguruan Tinggi Punya Jurusan Ilmu Hukum dengan Akreditasi Unggul

Dalam keterangan resmi UI, Rabu (28/12/2022) memberitahukan gelar Doktor (S3) yang diraih Azis dari INSA Toulouse, Prancis.

Dia juga tergabung dalam Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) Kementerian PUPR, yakni kumpulan para ahli jembatan dari berbagai unsur yang bertugas melakukan evaluasi keamanan jembatan dan terowongan agar memenuhi standar yang berlaku.

Keterlibatan Aziz dalam KIMI bermula dari terpilihnya sebagai salah seorang ilmuwan yang berhasil lolos dalam seleksi Science Leadership Collaborative (SLC), yaitu program pengembangan kapasitas kepemimpinan peneliti besutan The Conversation Indonesia.

Prestasi ini membuat Aziz diperhitungkan sebagai salah satu ilmuwan potensial Indonesia.

Selanjutnya, dia diundang menghadiri kongres tersebut bersama 18 peserta SLC lainnya.

Dalam kongres itu, para ilmuwan muda yang hadir mendiskusikan beberapa topik berdasarkan kluster risetnya masing-masing. Aziz akan bergabung dengan ilmuwan-ilmuwan muda dari kluster Material dan Sains Komputasi.

Penelitian yang telah dilakukannya adalah properti mekanis dan keruntuhan dari bahan alternatif, seperti agregat berbahan cangkang kelapa sawit, agregat daur ulang, dan by-product lain dari industri untuk bahan alternatif di bidang konstruksi.

Dalam kongres yang mengusung tema "Memperkuat Arsitektur Sains Masa Depan Oleh Ilmuwan Muda Indonesia" hadir pula ilmuwan-ilmuwan ternama Indonesia seperti Prof. Satryo Brodjonegoro, Prof. Sangkot Marzuki, dan Dr. Ilham Habibie.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini 2 Cara Cek Kuota Sekolah di SNBP 2023

Akademi Ilmuwan Muda Indonesia selaku penyelenggara menyambut para ilmuwan muda dari berbagai bidang studi, institusi, dan daerah akhir pekan ini.

"Sebagai salah satu peserta SLC, pelatihan yang diorganisasikan oleh The Conversation Indonesia, saya mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi pada KIMI 3-4 Desember 2022," ujar Aziz.

Dekan FTUI, Prof. Heri Hermansyah mengungkapkan kebanggaannya atas prestasi Aziz. Ke depannya, harus bisa mencari solusi dan menjawab begitu banyak permasalahan bangsa.

Untuk menjawab hal itu, tidak bisa dilakukan hanya oleh satu pihak, tapi perlu kolaborasi dari berbagai pihak.

Mulai dari peneliti dan dosen di perguruan tinggi, sektor industri, pemerintah, NGO, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 11 Kampus Punya Jurusan Ilmu Komunikasi dengan Nilai Akreditasi Unggul

"Semoga Aziz, melalui keterlibatannya di SLC mampu menjembatani inovasi yang ada di FTUI dan kebutuhan dunia industri dan masyarakat ke depannya," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com