Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SNPMB 2023, Siswa dari IPA, IPS, dan Bahasa Bebas Pilih Prodi PTN

Kompas.com - 01/12/2022, 20:15 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Semua siswa dari jurusan IPA, IPA, dan Bahasa telah diizinkan bebas memilih program studi (Prodi) di perguruan tinggi negeri (PTN) yang dipilih.

Sebelumnya, pemilihan prodi ditentukan jurusan yang diambil di sekolah menengah.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini Biaya Ikuti Seleksi UTBK-SNBT 2023

"Jadi calon mahasiswa (siswa IPA, IPS, dan Bahasa) sudah diizinkan untuk pilih prodi apa saja yang mereka suka di PTN," ucap Ketua Penanggung Jawab SNPMB, Prof. Mochamad Ashari di Gedung Kemendikbud Ristek, Kamis (1/12/2022).

Prof. Ashari mengaku, pembatasan prodi berdasarkan jurusan di SMA sudah tidak relevan lagi

Hal itu mengingat kompetensi yang dibutuhkan saat ini sangat beragam dan lintas ilmu.

Tak lupa, Kurikulum Merdeka yang saat ini didorong Kemendikbud Ristek juga sudah tidak memberlakukan jurusan di sekolah menengah.

"Perguruan tinggi juga sudah mulai melakukan adaptasi, meski calon mahasiswa pada 2023 belum menggunakan kurikulum baru itu," jelas dia.

Rektor ITS ini juga menyatakan, SNPMB 2023 pun menerima sekolah yang masih menerapkan kurikulum 2006 dan 2013.

Namun, bagi sekolah yang tidak menerapkan kurikulum nasional, maka belum bisa mengikuti. Pasalnya, nanti tidak bisa mendaftar pada PDSS.

Baca juga: SNPMB 2023: Jadwal Pelaksanaan SNBP dan SNBT buat Calon Mahasiswa

"PDSS mengakomodasi Kurikulum 2006 KTSP dan Kurikulum 2013. Sekolah yang tidak menggunakan kurikulum nasional tidak diperbolehkan mendaftar PDSS," tegas dia.

Asal tahu saja, sistem seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) tahun 2023 diselenggarakan oleh tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) PTN.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri, terdapat 3 (tiga) jalur masuk, yaitu:

  • Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).
  • Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).
  • Jalur Seleksi Mandiri.

Baca juga: SNPMB 2023: Ketahui Materi Tes dan Jadwal SNBT

SNBP dan SNBT sepenuhnya dipersiapkan oleh Tim SNPMB. Sedangkan jalur Seleksi Mandiri dikelola sepenuhnya oleh PTN masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com