Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/11/2022, 20:38 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Ekonom Universitas Indonesia, Fithra Faisal mengatakan, saat ini dompet digital banyak digunakan oleh publik untuk melakukan aktivitas sehat-hari.

Dari banyaknya dompet digital, GoPay yang paling banyak digunakan publik. Itu berdasarkan dari riset yang dilakukan oleh InsightAsia yang menyebut 71 persen pengguna dompet digital pernah gunakan GoPay dan 58 persen di antaranya setia menggunakan GoPay.

Baca juga: Cek Jadwal Seleksi Masuk PTN: SNBP, SNBT, dan Seleksi Mandiri 2023

Dia menyebut, alasan GoPay paling banyak digunakan oleh masyarakat, karena masih dalam sebuah ekosistem GoTo yang di dalamnya memberikan layanan yang dibutuhkan oleh masyarakat digital saat ini.

Dengan adanya sistem pembayaran berupa GoPay dalam ekosistem tersebut, maka semakin memudahkan pengguna dalam bertransaksi.

"Karena GoPay hadir di multiplatform yang bisa melakukan semuanya, sehingga dengan berada di ekosistem, maka dia punya kelebihan sendiri. Dan itu sangat membantu pengguna. Jadi kuncinya adalah staying relevan," ucap dia dalam keterangannya, Senin (28/11/2022).

Fithra melihat ekonomi digital belakangan ini perkembangannya sangat cepat dan berpotensi untuk terus membesar di masa yang akan datang.

Sehingga berbagai aspek terkait pembayaran, layanan, dan lainnya saling terkait dalam menumbuhkan sektor Information and Communication Technology (ICT).

Dengan bertumbuhnya sektor ICT, sebut dia, maka dapat mendorong pertumbuhan sektor lainnya juga dan ekonomi nasional secara keseluruhan.

Research Director InsightAsia, Olivia Samosir mengatakan, terdapat lima faktor pendorong utama yang memungkinkan sebuah brand dompet digital berhasil memimpin pasar.

Baca juga: 5 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Yakni, aman digunakan dan memastikan saldo konsumen terlindungi, mudah sekaligus nyaman digunakan dalam bertransaksi, bebas limit penggunaan bulanan dan dapat digunakan untuk pembayaran kebutuhan sehari-hari secara maksimal.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+