Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ekonom UI: Dompet Digital Sudah Banyak Digunakan Masyarakat

KOMPAS.com - Ekonom Universitas Indonesia, Fithra Faisal mengatakan, saat ini dompet digital banyak digunakan oleh publik untuk melakukan aktivitas sehat-hari.

Dari banyaknya dompet digital, GoPay yang paling banyak digunakan publik. Itu berdasarkan dari riset yang dilakukan oleh InsightAsia yang menyebut 71 persen pengguna dompet digital pernah gunakan GoPay dan 58 persen di antaranya setia menggunakan GoPay.

Dia menyebut, alasan GoPay paling banyak digunakan oleh masyarakat, karena masih dalam sebuah ekosistem GoTo yang di dalamnya memberikan layanan yang dibutuhkan oleh masyarakat digital saat ini.

Dengan adanya sistem pembayaran berupa GoPay dalam ekosistem tersebut, maka semakin memudahkan pengguna dalam bertransaksi.

"Karena GoPay hadir di multiplatform yang bisa melakukan semuanya, sehingga dengan berada di ekosistem, maka dia punya kelebihan sendiri. Dan itu sangat membantu pengguna. Jadi kuncinya adalah staying relevan," ucap dia dalam keterangannya, Senin (28/11/2022).

Fithra melihat ekonomi digital belakangan ini perkembangannya sangat cepat dan berpotensi untuk terus membesar di masa yang akan datang.

Sehingga berbagai aspek terkait pembayaran, layanan, dan lainnya saling terkait dalam menumbuhkan sektor Information and Communication Technology (ICT).

Dengan bertumbuhnya sektor ICT, sebut dia, maka dapat mendorong pertumbuhan sektor lainnya juga dan ekonomi nasional secara keseluruhan.

Research Director InsightAsia, Olivia Samosir mengatakan, terdapat lima faktor pendorong utama yang memungkinkan sebuah brand dompet digital berhasil memimpin pasar.

Yakni, aman digunakan dan memastikan saldo konsumen terlindungi, mudah sekaligus nyaman digunakan dalam bertransaksi, bebas limit penggunaan bulanan dan dapat digunakan untuk pembayaran kebutuhan sehari-hari secara maksimal.

"Kemampuan memenuhi kebutuhan-kebutuhan inilah yang membuat sebuah brand dapat meraih kepercayaan tertinggi dari konsumen," ucap Olivia.

Kemampuan itupun, lanjut dia, tidak bisa hanya dilakukan dalam periode singkat untuk memenangkan preferensi konsumen.

Namun, harus didukung oleh konsistensi kinerja yang baik, secara terus-menerus.

"Konsistensi dalam mengirim atau memenuhi kebutuhan-kebutuhan inilah yang pada akhirnya akan menciptakan pengalaman konsumen yang menyenangkan dan membuat konsumen setia untuk terus menggunakan dompet digital tersebut," jelas dia.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/11/28/203830371/ekonom-ui-dompet-digital-sudah-banyak-digunakan-masyarakat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke