Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut SNBP 2023, Ini 5 Persiapan yang Bisa Dilakukan Siswa

Kompas.com - 25/11/2022, 12:43 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) Kemendikbud Ristek resmi mengeluarkan jadwal resmi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023.

Bagi siswa yang akan ikut Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) maupun Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) harus mempersiapkan diri dari sekarang.

Terlebih pada SNPMB 2023 ada perubahan aturan dengan seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di tahun-tahun sebelumnya.

Bagi siswa yang berencana mendaftar jalur SNBP atau dulu disebut Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) ada beberapa kiat yang bisa diterapkan agar sukses di jalur tersebut.

Baca juga: Asesmen Bakat Minat BP3 Kemendikbud Bantu Siswa Pilih Jurusan Kuliah

Persiapan ikut SNBP 2023

Melansir dari salah satu platform edukasi di Instagram @masukkampus, Jumat (25/11/2022) ada beberapa kiat yang bisa diterapkan siswa untuk memaksimalkan jalur SNBP 2023.

Apa saja kiatnya? Simak informasinya hingga tuntas.

1. Agar sukses di jalur SNBP 2023, siswa perlu fokus belajar secara menyeluruh jangan hanya di satu bidang tertentu saja.

2. Selain itu, siswa juga perlu mengeksplore minat dan bakat dengan tekun.

Saat ini BP3 Kemendikbud Ristek juga telah mengeluarkan program asesmen bakat dan minat yang bisa dimanfaatkan para siswa.

Asesmen bakat minat ini bertujuan untuk membantu siswa dalam menentukan jurusan kuliah maupun di jenjang karier yang akan datang.

Baca juga: BP3 Kemendikbud Gelar Tes Minat Bakat Siswa SMA-SMK, Segera Daftar

3. Coba tingkatkan prestasi sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki.

Karena SNBP ini menyeleksi berdasarkan prestasi, tentu siswa harus menorehkan prestasi selama duduk di bangku SMA/SMK.

4. Dalam persiapan SNBP 2023, siswa perlu mencari tahu informasi sebanyak mungkin tentang macam-macam pilihan prodi pendidikan tinggi yang sesuai dengan minat dan bakat.

5. Apabila siswa sudah menentukan program studi (prodi) yang diminati, cari tahu informasi mengenai prodi pilihan, komponen penilaian dan pembobotan di prodi tersebut.

Baca juga: Perubahan Aturan Seleksi Masuk PTN 2023, Calon Mahasiswa Wajib Tahu

Komponen penilaian SNBP 2023

Siswa kelas 12 yang ingin mendaftar SNBP 2023 juga perlu tahu bahwa penilaian berdasarkan 2 komponen, yaitu:

  • Dihitung berdasarkan rerata nilai rapor seluruh mata pelajaran paling sedikit 50 persen dari bobot penilaian.
  • Dihitung berdasarkan nilai rapor paling banyak 2 mata pelajaran pendukung program studi yang dituju, dan/atau portofolio, dan/atau prestasi paling banyak 50 persen dari bobot penilaian.

Komposisi persentase komponen pertama dan komponen kedua tersebut selanjutnya ditetapkan oleh masing-masing PTN dengan total 100 persen. Sehingga, komponen penilaian untuk tiap PTN bisa berbeda-beda.

Baca juga: SNMPTN Diganti dengan SNBP, Ini Bedanya yang Perlu Diketahui Siswa

Demikian persiapan yang bisa dilakukan siswa dalam menghadapi SNBP 2023. Selain itu siswa juga perlu memahami perubahan aturan dalam mendaftar SNBP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com