Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/11/2022, 11:10 WIB

KOMPAS.com - Saat ini, Linkedin telah menjadi platform yang kerap digunakan oleh para pencari kerja serta recruiter untuk mencari calon karyawan.

Pada dasarnya, Linkedin merupakan platform profesional untuk menemukan pekerjaan, menghubungkan pengguna dengan para profesional karir dan bisnis lainnya, hingga sarana mempelajari keterampilan baru.

Lebih dari itu, Linkedin juga memberikan keuntungan dengan variasi level pekerjaan. Bahkan, freelancer maupun entrepreneur juga dapat memanfaatkannya. Dengan memaksimalkan Linkedin, pengguna tidak hanya dapat menemukan peluang karier, namun juga menambah relasi atau networking, termasuk pada bidang data.

Baca juga: Kemenlu Buka Lowongan Kerja Lulusan SMA, D3, S1-S2 Banyak Jurusan

Ada berbagai informasi karir dari dan keterampilan baru di bidang data yang bisa didapatkan apabila kamu memanfaatkan Linkedin secara optimal.

Berikut merupakan 5 cara yang telah dirangkum oleh DQLab Universitas Multimedia Nusantara untuk mengoptimalkan akun linkedin sebagai sarana membangun peluang karir di bidang data:

1. Lengkapi profil hingga peringkat all star

Melengkapi profil dan summary pada akun Linkedin seringkali diabaikan oleh para pengguna. Padahal, memuat data diri secara lengkap adalah poin penting untuk mendapatkan peringkat all star.

Peringkat all star pada Linkedin menandakan bahwa pengguna telah melengkapi semua data diri. Dengan begitu, recruiter akan lebih mudah untuk menemukan akun tersebut di mesin pencarian Linkedin.

Profil dan summary yang lengkap akan memberi peluang yang lebih besar bagi pengguna untuk mencari pekerjaan. Beberapa data diri yang diperlukan pada profil Linkedin adalah foto profil, summary atau ringkasan tentang diri, pendidikan, pengalaman, skill, sertifikasi hingga koneksi.

Baca juga: Cara Membuat CV ATS Friendly, Ini 12 Caranya

2. Bangun koneksi sebanyak-banyaknya

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, Linkedin bukan hanya menjadi platform untuk mencari kerja, namun juga sarana terbaik untuk membangun koneksi. Kamu dapat mengirimkan undangan atau permintaan koneksi, baik kepada mereka yang kamu kenal, rekan kerja, bahkan recruiter.

Dengan begitu, koneksi Linkedin akan terus bertambah sering waktu. Tidak menutup kemungkinan, kamu dapat berkoneksi dengan praktisi data profesional maupun recruiter perusahaan lain, yang nantinya bisa memberikan keuntungan bagi karir bidang datamu.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+