Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek 5 Tahapan Seleksi Masuk Sekolah Kedinasan IPDN Milik Kemendagri

Kompas.com - 27/10/2022, 06:03 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sekolah kedinasan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) selalu jadi incaran siswa SMA/MA sederajat untuk melanjutkan pendidikan.

IPDN merupakan sekolah kedinasan atau perguruan tinggi kedinasan (PTK) di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Peminat sekolah kedinasan IPDN cukup besar karena setelah lulus, praja IPDN bisa menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di pemerintah pusat maupun daerah.

Selain itu, selama mengenyam pendidikan di IPDN juga tidak dipungut biaya alias gratis. Praja IPDN juga disediakan asrama dan selama masa pendidikan diberi uang saku.

Baca juga: Beasiswa Rinaldi 2022 bagi Siswa-Mahasiswa, Bantuan Dana Rp 5 Juta

Tahapan seleksi masuk IPDN

IPDN memiliki sejumlah kampus yakni ada di Jakarta, Sumatera Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat dan IPDN Kampus Papua.

Jika kamu tertarik mengikuti seleksi IPDN 2023/2024, perlu diketahui bahwa IPDN menerapkan beberapa tahapan seleksi sebelum akhirnya dinyatakan lolos.

Melansir dari laman resmi IPDN, Rabu (26/10/2022) berikut tahapan seleksi masuk IPDN di berdasar aturan penerimaan praja IPDN 2022/2023: 

1. Seleksi Administrasi

Seleksi ini dilakukan sesuai syarat administrasi yang sudah ditentukan untuk mendaftar di IPDN. Setiap berkas diunggah di portal SSCASN DIKDIN.

Apabila semua berkas memenuhi kriteria, peserta akan lolos ke tahap berikutnya.

Baca juga: 2 Sekolah Kedinasan Tidak Gunakan Syarat Tinggi Badan, Ini Dia

2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

SKD dilakukan dengan menggunakan sistem Computer Assesment Test (CAT) oleh BKN. Tes SKD biasanya terdiri dari 3 yakni tes karakteristik pribadi (TKP), tes intelegensia umum (TIU) juga tes wawasan kebangsaan (TWK).

3. Tes kesehatan tahap I

Untuk memastikan calon praja IPDN dalam kondisi sehat, tahapan ketiga seleksi masuk adalah mengikuti tes kesehatan tahap I.

Pelaksaaan Tes Kesehatan tahap I di rumah sakit Bhayangkara/Biddokes Polda. Tes kesehatan ini berupa medical check up bagian dalam dan luar tubuh.

Baca juga: STMKG, Sekolah Kedinasan Milik BMKG: Kuliah Gratis-Lulus Jadi CPNS

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com