Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dosen Unair Bagikan Tips Pilih Layanan Penitipan Hewan Kesayangan

Kompas.com - 18/10/2022, 10:45 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak mahasiswa yang punya hewan peliharaan baik di rumah maupun di kos. Memiliki hewan peliharaan juga harus dibarengi dengan rasa tanggungjawab.

Dengan segala kesibukan para mahasiswa, hewan peliharaan bisa saja menjadi terabaikan. Dalam kondisi ini, layanan penitipan hewan bisa menjadi solusinya.

Namun memilih layanan penitipan hewan tidak boleh sembarangan. Saat memilih layanan penitipan pastikan pengelola memberikan fasilitas agar hewan merasa aman dan nyaman. Sehingga kebutuhan kesejahteraan hewan tersebut dapat terpenuhi dengan baik.

Dosen prodi Kedokteran Hewan Universitas Airlangga (Unair) membagikan tips memilih layanan penitipan hewan.

Baca juga: Beasiswa Penuh S1 ke Amerika, Ada Tunjangan hingga Rp 1,2 Miliar

Tips memilih layanan penitipan hewan peliharaan

Pemilik hewan perlu memperhatikan beberapa aspek pada tempat penitipan hewan yang dipilih. Diantaranya kehandalan keeper, pemberian makan dan minum, kondisi lingkungan, dan penanganan hewan sakit.

Dosen prodi Kedokteran Hewan Unair Prima Ayu Wibawati mengatakan, tips memilih layanan penitipan hewan peliharaan ini penting dilakukan untuk menghindari berbagai kasus penelantaran hewan.

Prima menerangkan, pemilik hewan wajib melakukan pengecekan terlebih dahulu pada tempat tersebut. Hal itu sebagai bukti tanggung jawab owner sebagai pemilik hewan yang peduli dan sayang pada peliharaannya.

"Memilih layanan penitipan hewan menjadi tanggung jawab besar bagi owner. Owner tidak boleh sembarangan memilih layanan penitipan. Jadi apabila ada penelantaran tidak bisa menyalahkan salah satu pihak saja," kata Prima seperti dikutip dari laman Unair, Selasa (18/10/2022).

Dosen sekaligus pakar Animal Welfare Sekolah Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam (SIKIA mengungkapkan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pemilik hewan peliharaan sebelum memilih layanan penitipan. Apa saja tipsnya? Yuk simak bersama informasinya:

Baca juga: 5 Contoh Sikap Nasionalisme yang Bisa Dilakukan Siswa di Sekolah

1. Kehandalan keeper

Di sebuah layanan penitipan hewan, akan ada seorang petugas atau keeper yang akan merawat hewan peliharaan selama dititipkan.

Pemilik hewan wajib mengecek terlebih dahulu keeper hewan yang bekerja pada tempat tersebut. Pastikan keeper memahami cara merawat hewan yang akan dititipkan.

"Wajib tanya siapa yang memberi makan, takut hewan atau tidak. Jangan sampai memilih tempat penitipan yang keepernya awam dan takut pegang hewan," urai Prima seperti dikutip dari laman Unair, Selasa (18/10/2022).

Selama dititipkan, keeper juga wajib memperlakukan hewan dengan baik dan perhatian. Tidak boleh ada tindakan seperti memukul, menendang dan kekerasan lainnya.

2. Pemberian makan dan minum

Tips lain memilih layanan penitipan hewan peliharaan berikutnya adalah memastikan asupan gizi hewan terpenuhi selama dititipkan.

Pemilik hewan harus melakukan konsultasi terkait pemberian makanan yang tepat pada keeper layanan penitipan hewan. Pastikan hewan terpenuhi pemberian makannya dengan produk yang tepat dan air minum selalu tersedia.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com