Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMKN 1 Balikpapan dan Politeknik Negeri Padang Raih Juara Umum K3TAB

Kompas.com - 13/10/2022, 10:50 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis


KOMPAS.com - SMKN 1 Balikpapan dan Politeknik Negeri Padang berhasil meraih Juara Umum Kompetisi Kompetensi Keahlian Teknik Alat Berat (K3TAB) 2022 yang diselenggarakan PT Trakindo Utama (Trakindo).

Kompetisi digelar selama seminggu penuh sejak 3 Oktober ini diikuti delapan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) dan enam Politeknik dari Program Studi Teknik Alat Berat.

K3TAB 2022 mengangkat tema “Bangkit Lebih Tangguh, Bersama Lebih Unggul” merupakan penyelenggaraan ke-14 untuk tingkat Politeknik dan ke-13 untuk tingkat SMKN.

Bari Hamami, President Director Trakindo menyampaikan, penyelenggaraan K3TAB adalah usaha Trakindo berkolaborasi dengan institusi pendidikan untuk berpartisipasi meningkatkan kompetensi bidang teknik alat berat, serta pendidikan karakter.

“Program K3TAB yang kami lakukan sejak tahun 1996 adalah salah satu bentuk aplikasi nilai inti Trakindo, perkembangan berkelanjutan. Ini adalah gambaran keseriusan kami berkontribusi tanpa pamrih dalam memajukan pendidikan vokasi alat berat tanah air," tegas Bari.

"Kami berharap semua pemangku kepentingan yang terlibat dapat terus memiliki semangat untuk bersama melanjutkan sinergi yang sudah berjalan baik ini demi kemajuan kualitas generasi penerus bangsa,” tambahnya.

Baca juga: Bangun Karakter Empati Siswa, Sekolah Semesta Gelar Charity Akbar 2022

Lewat kegiatan ini, Trakindo ingin melengkapi pengetahuan dan skill para siswa dan mahasiswa, agar sesuai tuntutan dunia kerja, serta memiliki juga karakter yang baik, agar setelah menjalani pendidikan.

Mereka diharapkan nantinya mampu menjadi tenaga kerja siap pakai yang mampu memenuhi kebutuhan dan ekspektasi masyarakat.

Sariyadi, Plt. Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek memberikan apresiasi penyelenggaraan K3TAB yang berlangsung secara konsisten dari tahun ke tahun.

Baca juga: 7 Cara Membentuk Karakter Positif pada Anak, Orangtua Sudah Lakukan?

“Kami dari Kemendikbudristek berterima kasih kepada Trakindo yang telah memberikan dukungan kepada pendidikan vokasi, dan juga atas jerih payah kerja keras seluruh tenaga pengajar, kepala sekolah, direktur politeknik dan juga peserta sekalian," ungkap Sariyadi.

"Dengan kemitraan bersama dunia usaha dan dunia industri melalui Link & Match, saya yakin vokasi makin kuat, para siswa memiliki bekal kompetensi memadai, untuk masa depan yang lebih baik dan Indonesia yang lebih kuat,” tambahnya.

SMKN 1 Balikpapan dan Politeknik Negeri Padang berhasil membawa pulang gelar Juara Umum Kompetisi Kompetensi Keahlian Teknik Alat Berat (K3TAB) 2022.DOK.Trakindo SMKN 1 Balikpapan dan Politeknik Negeri Padang berhasil membawa pulang gelar Juara Umum Kompetisi Kompetensi Keahlian Teknik Alat Berat (K3TAB) 2022.

K3TAB 2022 diikuti 14 institusi pendidikan teknik alat berat, lebih banyak dari tahun sebelumnya. Peserta di tingkat SMK yaitu SMKN 1 Lubuk Pakam, SMKN 2 Dumai, SMKN 1 Singosari, SMKN 2 Sumbawa Besar, SMKN 1 Balikpapan, SMKN 6 Samarinda, SMKN 1 Mimika dan SMKN 3 Sorong.

Sedangkan di tingkat Politeknik yaitu Politeknik Negeri Padang, Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik TEDC Bandung, Politeknik Negeri Banjarmasin, Politeknik Negeri Samarinda, dan Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Sejalan dengan perkembangan situasi kesehatan terkini di Indonesia, kompetisi tahun ini dilakukan kombinasi antara daring dan luring, setelah dua tahun terakhir dilakukan secara daring. Aspek penilaian meliputi Presentasi Inovasi, Uji Pengetahuan, Uji Praktik, Kerja Sama Tim dan Etika.

Baca juga: Mahasiswa KKN UNY Inovasi Penjernih Air Sederhana

Untuk kegiatan luring, peserta menjalankan Uji Praktik di fasilitas Trakindo, yaitu Training Center Cileungsi, Satellite Training Center (STC) Balikpapan, STC Banjarmasin, STC Makassar, dan STC Tembagapura.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com