Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/09/2022, 09:03 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - SMA Ignatius Global School berhasil menjadi SMA terbaik di Palembang. SMA terbaik di Palembang ini berdasarkan pemeringkatan dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022.

Selain SMA Ignatius Global School, di Palembang total ada 9 sekolah yang masuk pemeringkatan dari LTMPT.

Dalam pemeringkatan berdasarkan nilai UTBK selama tiga tahun berturut-turut, SMA Ignatius Global School selalu menjadi sekolah terbaik di Palembang.

Namun nilai UTBK 2022 merupakan yang paling tinggi sebesar 609,216. Nilai ini membawa SMA Ignatius Global School berada di peringkat 31 nasional.

Baca juga: Profil SMA Kolese De Britto: SMA Swasta Terbaik di DIY, Siswa Bisa Gondrong

Tahun 2021, nilai total UTBK SMA Ignatius Global School sebesar 563,123 dan hanya berada di peringkat 152 nasional.

Sedangkan di UTBK 2020, SMA Ignatius Global School berhasil meraih skor nilai total sebesar 550,562 dan berada di peringkat 198 nasional. 

Meskipun berstatus sekolah swasta namun SMA Ignatius Global School berhasil menunjukkan kualitasnya dengan menjadi SMA swasta terbaik di Palembang.

Awal berdiri SMA Ignatius Global School bermula dari bimbingan belajar

Berikut profil SMA Ignatius Global School seperti sejarah, visi misi dan ekstrakurikuler yang dimiliki.

SMA Ignatius Global School merupakan sekolah nasional plus. Ignatius Global School (IGS) dimulai dari bimbingan belajar St.Ignatius Education & Training Center, SIEC yang beralamat di Jalan Dempo Dalam Nomor 716 telpon 314082 dan didirikan pada tahun 1996 oleh Ignatius Djony ( Koko Djony ) sebagai pengajar tunggal yang meliputi Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi untuk siswa siswi tingkat SMA.

Selama periode 1996 hinggs 2000, bimbingan belajar St.Ignatius terus tumbuh dan berkembang dan mempunyai siswa-siswi tingkat SMA mencapai lebih kurang 700 siswa.

Meski masih menjadi pengajar tunggal Koko Djony serta bertujuan menyiapkan para siswa SMA IGS menuju Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan pilihan di Fakultas Kedokteran.

Baca juga: Syarat dan Biaya Sekolah MAN IC OKI, Terbaik ke-2 Sumsel

Pada tahun 2002, Bimbingan Belajar St.Ignatius pindah ke lokasi baru yang beralamat di Jalan Veteran Nomor F3 karena kapasitas gedung yang lama tidak dapat menampung siswa yang terus tumbuh. Gedung tersebut digunakan sejak tahun 2000 hingga sekarang.

Jumlah siswa SMA Ignatius Global School meningkat pesat

Jumlah siswa yang belajar dalam kurun waktu 2005 – 2010 pun meningkat pesat dengan rata-rata lebih kurang 1.500 – 2.000 siswa per tahun.

Pada tanggal 12 Desember 2012, Ignatius Djony merintis Sekolah Nasional Plus Ignatius Global School, IGS di Jalan Veteran Nomor F3 berdasarkan Akte Yayasan Ignatius Edukasi Cendekia.

Pada tahun 2013 Ignatius Global School, IGS bekerja sama dengan Ciputra Group mendirikan sekolah Ignatius Global School yang kedua (IGS 2) di Komplek CitraGrand City Somerset East Blok D-16.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com