Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut SNMPTN 2023? Cek Dulu Mapel Pendukung untuk Prodi Ilmu Alam

Kompas.com - 14/09/2022, 15:44 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada aturan baru dalam seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) berdasarkan prestasi atau SNMPTN 2023.

Perubahan aturan SNMPTN 2023 ini perlu dicermati siswa kelas XII atau calon mahasiswa yang akan mendaftar seleksi masuk PTN tahun depan.

Dalam Merdeka Belajar Episode 22: Transformasi Seleksi Masuk PTN, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim menyampaikan, bahwa seleksi PTN berdasarkan prestasi atau SNMPTN 2023 memiliki skema pemeringkatan penilaian peserta berdasarkan minimal 50 persen rata-rata nilai rapor seluruh mata pelajaran.

Kriteria lain dalam aturan baru SNMPTN 2023, yakni siswa memiliki maksimal 50 persen komponen penggali minat dan bakat.

Komponen ini bisa berupa maksimal dua nilai rapor yang spesifik sesuai program studi (prodi) yang dituju, prestasi atau portofolio.

Baca juga: Mapel Pendukung Fakultas Kedokteran di Seleksi PTN Berdasar Prestasi

Menurut Nadiem, dengan perubahan ini diharapkan siswa terdorong untuk berprestasi di seluruh mata palejaran secara holistik dan peserta didik terdorong untuk mengeksplorasi minat dan baktnya secara lebih mendalam.

"Dengan perubahan ini, memastikan murid masih mementingkan pembelajaran di jenjang sekolah menengah tidak mengabaikan mata pelajaran yang lain tetapi tetap PTN bisa menentukan komposisi antara komponen 1 dan 2," ungkap Nadiem Makarim.

Dalam aturan baru SNMPTN 2023, siswa juga diperbolehkan memilih program studi (prodi) lintas jurusan. Sehingga tidak terpaku hanya bisa memilih prodi sesuai jurusan IPA atau IPS saat berada di sekolah menengah.

Adanya aturan baru seleksi PTN berdasar prestasi ini, menetapkan mata pelajaran pada jenjang pendidikan menengah yang merupakan mata pelajaran (mapel) pendukung program studi.

Sesuai kebijakan yang dikemas dalam Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 345/M/2022 tentang Mata Pelajaran Pendukung Prodi dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi, mata pelajaran pada jenjang pendidikan menengah sebagaimana dimaksud merupakan mata pelajaran yang terdapat dalam Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013.

Baca juga: Intip 4 Kelebihan Kuliah di Politeknik Dibandingkan dengan Universitas

Berikut mata pelajaran (mapel) pendukung untuk prodi di rumpun Ilmu Alam yang perlu diperhatikan untuk mendaftar seleksi PTN berdasarkan prestasi atau SNMPTN 2023:

Mapel pendukung prodi rumpun Ilmu Alam

Ilustrasi siswa SMA. Ilustrasi aturan baru seleksi masuk PTN berdasarkan prestasi yang perlu dicermati siswa kelas 12 atau para calon mahasiswa.Shutterstock/Ibenk_88 Ilustrasi siswa SMA. Ilustrasi aturan baru seleksi masuk PTN berdasarkan prestasi yang perlu dicermati siswa kelas 12 atau para calon mahasiswa.

1. Prodi Kimia

  • Mata pelajaran pendukung program studi pada Kurikulum Merdeka: Kimia
  • Mata pelajaran pendukung prodi pada Kurikulum 2013 IPA: Kimia, IPS dan Bahasa: Matematika.

Baca juga: 15 Politeknik Terbaik di Indonesia 2022, Adakah Kampus Incaranmu?

2. Ilmu atau Sains Kebumian

  • Mata pelajaran pendukung program studi pada Kurikulum Merdeka: Fisika dan atau Matematika tingkat lanjut
  • Mata pelajaran pendukung prodi pada Kurikulum 2013 IPA: Fisika dan atau Matematika dan kelompok peminatan MIPA, IPS dan Bahasa: Matematika.

3. Ilmu atau Sains Kelautan

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com