Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip 4 Kelebihan Kuliah di Politeknik Dibandingkan dengan Universitas

Kompas.com - 14/09/2022, 13:37 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kuliah di Politeknik juga punya beberapa kelebihan dibandingkan melanjutkan pendidikan di universitas.

Bagi calon mahasiswa yang ingin lebih siap masuk ke dunia kerja, melanjutkan pendidikan di Politeknik tentunya bisa menjadi pilihan.

Tak usah khawatir karena lulusan Politeknik juga punya kesempatan yang sama dengan lulusan universitas untuk mendapatkan pekerjaan.

Melansir dari laman Multimedia Nusantara Polytechnic, politeknik juga menawarkan banyak kelebihan tersendiri. Politeknik adalah perguruan tinggi yang menyediakan berbagai ilmu untuk pendidikan vokasi. Lantas, apa saja kelebihannya?

Baca juga: 15 Politeknik Terbaik di Indonesia 2022, Adakah Kampus Incaranmu?

Kelebihan kuliah di Politeknik

1. Lebih spesifik dan praktis

Kelebihan kuliah di Politeknik yang pertama yaitu menawarkan disiplin ilmu lebih spesifik dan praktis.

Hal ini memungkinkan para calon mahasiswa memilih jurusan sesuai passion atau minat yang dimiliki dan langsung mempelajarinya secara lebih mendalam.

Politeknik sebenarnya menyerupai SMK namun berada di jenjang pendidikan tinggi. Mahasiswa yang kuliah di Politeknik akan mendapatkan ilmu berkaitan langsung dengan pekerjaan pada bidang tersebut.

Sebagai contoh, calon mahasiswa memiliki minat tinggi terhadap bidang teknologi multimedia. Sebaiknya memilih Politeknik yang menawarkan jurusan itu yang bisa mencetak lulusan berkualitas dan handal di bidangnya.

Baca juga: 5 Tips Cepat Dapat Kerja bagi Fresh Graduate, Jangan Terlalu Selektif

2. Lebih banyak praktik dibandingkan teori

Kelebihan kuliah di Politeknik yang kedua adalah memberikan lebih banyak praktik dibanding teori.

Hal ini jadi perbedaan utama kuliah di Politeknik dibanding universitas. Pendidikan vokasi pada perguruan tinggi ini mempersiapkan para mahasiswanya untuk siap bekerja.

Jika kuliah di Politeknik, mahasiswa akan mendapatkan berbagai ilmu melalui praktik baik di studio, laboratorium, maupun lapangan.

Ini sangat cocok bagi calon mahasiswa yang lebih menyukai praktik langsung daripada banyak belajar teori.

Lain halnya jika dibandingkan dengan universitas. Di universitas, mahasiswa biasanya akan menerima lebih banyak teori. Sedangkan porsi praktiknya lebih sedikit dibanding kuliah di kelas. Kelebihan politeknik ini perlu menjadi pertimbangan penting bagi calon mahasiswa yang masih galau untuk melanjutkan pendidikan.

Baca juga: Profil Universitas Syiah Kuala: Jurusan, Jalur Masuk dan Biaya Kuliah

3. Mengasah berbagai softskill

Kelebihan kuliah di Politeknik yang ketiga adalah mahasiswa bisa mengasah berbagai softskill. Di dunia kerja, tenaga kerja tidak hanya dituntut untuk memiliki keterampilan teknis atau hard skill saja.

Tapi juga penting memiliki keterampilan non-teknis atau soft skill. Seperti cara berpikir kreatif, leadership skill, problem solving, dan sebagainya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com