Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Sekolah Kedinasan Poltekim, Jurusan dan Pekerjaan Setelah Lulus

Kompas.com - 11/09/2022, 16:57 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sekolah kedinasan banyak diincar para siswa untuk melanjutkan pendidikan. Salah satu faktor sekolah kedinasan banyak diminati karena berbagai keuntungan yang ditawarkan.

Seperti biaya kuliah yang bisa saja gratis hingga kepastian mendapatkan kerja setelah lulus. Bahkan setelah lulus sekolah kedinasan bisa langsung diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Salah satu sekolah kedinasan yang banyak diminati adalah Politeknik Imigrasi atau Poltekim. Melansir dari laman resminya, Politeknik Imigrasi (Poltekim) adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi kedinasan di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM yang menyelenggarakan pendidikan profesional kedinasan.

Politeknik Imigrasi atau Poltekim didirikan pada 1962 dan didirikan kembali pada tahun 2000. Politeknik melatih individu untuk bekerja dalam pekerjaan pemerintah di bidang imigrasi. Baik untuk ditempatkan di kantor imigrasi di seluruh Indonesia atau di unit imigrasi di perwakilan luar negeri Indonesia.

Baca juga: GS Battery Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan D3/D4 Fresh Graduate

Setelah lulus Poltekim kerja apa?

Selama mengenyam pendidikan di Poltekim, diarahkan pada penerapan keahlian, dan ilmu pengetahuan di bidang keimigrasian. Poltekim sebelumnya dikenal dengan nama Akademi Imigrasi (AIM).

Poltekim makin diminati karena kepastian mendapatkan kerja setelah lulus. Selain itu, Politeknik Imigrasi tidak membebankan biaya pendidikan kepada mahasiswa sedikit pun. Seluruh biaya kuliah ditanggung pemerintah melalui APBN.

Setelah menyelesaikan studi dari Poltekim, kamu bisa bekerja di Direktorat Jenderal Imigrasi, Kantor Imigrasi maupun Bandar Udara yang tersebar di seluruh daerah Indonesia.

Program Studi Politeknik Imigrasi adalah kesatuan rencana belajar sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan vokasi dan/atau profesional yang diselenggarakan atas dasar suatu kurikulum serta ditujukan agar taruna taruni dapat menguasai pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai dengan sasaran.

Studi program yang ditawarkan oleh Politeknik Imigrasi meliputi jenis dan jenjang pendidikan dengan tingkat berdasarkan kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Baca juga: Akun Media Sosial Pengaruhi Proses Rekrutmen, Simak Penjelasannya

Jurusan di Poltekim

Berikut 4 program studi yang ada di Poltekim:

1. D4 Manajemen Teknologi Keimigrasian

2. D4 Administrasi Keimigrasian

3. D4 Hukum Keimigrasian

4. D3 Keimigrasian

Setiap tahun Poltekim membuka penerimaan calon taruna taruni dari lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA)/sederajat dan Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com