Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pada Implementasi Kurikulum Merdeka, Ini 5 Miskonsepsi yang Harus Diluruskan

Kompas.com - 02/08/2022, 15:37 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Kemendikbud Ristek telah meluncurkan Kurikulum Merdeka dan juga Platform Merdeka Mengajar pada Merdeka Belajar Episode ke-15.

Adapun Kurikulum Merdeka ini ditujukan untuk mengatasi krisis pembelajaran yang terjadi, salah satunya akibat dampak dari pandemi Covid-19.

Sampai sekarang, sudah banyak satuan pendidikan (sekolah) yang mulai mencoba mengimplementasikan Kurikulum Merdeka lewat jalur mandiri.

Baca juga: Siswa, Ini 10 Makanan Sumber Protein

Namun seiring berjalannya waktu, terdapat berbagai miskonsepsi terkait implementasi Kurikulum Merdeka ini, sehingga perlu diluruskan terhadap kesalahpahaman yang terjadi.

Melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Selasa (2/8/2022), ini 5 miskonsepsi yang cukup penting untuk diluruskan.

1. Ganti kurikulum adalah tujuan

Untuk miskonsepsi yang pertama ialah “ganti kurikulum merupakan tujuan”. Padahal, yang ingin ditekankan adalah bagaimana melihat Kurikulum Merdeka ini adalah sebagai alat untuk mencapai tujuan pemulihan pembelajaran.

Jika kita memandang ganti kurikulum sebagai tujuan maka hal yang terjadi adalah kita akan disibukkan dalam urusan administratif seperti ganti istilah atau ganti format dokumen. Jadi, jangan memandang ganti kurikulum sebagai tujuan utama.

2. Ada penerapan Kurikulum Merdeka yang benar atau salah secara absolut

Banyak yang memiliki persepsi bahwa terdapat penerapan Kurikulum Merdeka yang benar ataupun salah secara absolut. Karena setiap satuan pendidikan mempunyai karakteristik yang berbeda.

Tentunya Kurikulum Merdeka yang diterapkan sebuah sekolah akan berbeda dengan sekolah lainnya. Hal ini menyebabkan benar atau salahnya penerapan kurikulum bukanlah absolut, melainkan kontekstual.

Baca juga: Sempat Merasa Salah Jurusan, Siswa SMKN 15 Bandung Ini Justru Juara 1 LKS

Kriteria utama dari penerapan Kurikulum Merdeka adalah bagaimana implementasi yang dilakukan bisa menstimulasi tumbuh kembang karakter dan juga kompetensi peserta didik.

Guru menjadi salah satu elemen yang dapat mengetahui keberhasilan dari implementasi Kurikulum Merdeka yang telah dilakukan.

3. Terkait harus menunggu pelatihan dari pusat

Ternyata, masih banyak yang mengira bahwa harus menunggu pelatihan dari pusat terlebih dulu untuk bisa menerapkan Kurikulum Merdeka. Kemendikbud Ristek percaya bahwa satuan pendidikan dan juga guru bisa mengambil inisiatif untuk mengembangkan kapasitasnya secara mandiri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com