Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Berprestasi Unair Bagikan Tips Mengisi Waktu Liburan

Kompas.com - 18/07/2022, 11:09 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Kini, mahasiswa telah memasuki masa liburan. Seperti halnya bagi mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Tentu, ada banyak waktu yang bisa dilakukan untuk mengisi liburan. Meski demikian, sebisa mungkin waktu tersebut harus diisi dengan kegiatan yang positif dan produktif.

Bagi Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Unair 2022, Genada Asaika, ada banyak pilihan yang dapat dilakukan oleh mahasiswa untuk mengisi waktu liburan. Ia membagikan tips mengisi waktu libur, yakni:

1. ikut internship

2. pengabdian masyarakat

3. ikut kelas pengembangan diri

Baca juga: Tim KKN ITS Bantu Peternak Buat Pakan Konsentrat

Ia juga mengatakan, semua kegiatan liburan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan minat bakat mahasiswa.

Sejak menjadi mahasiswa baru hingga memasuki semester akhir, agenda liburan Genada selalu padat dengan kegiatan produktif.

"Dulu, aku pernah ada kegiatan proker pengmas di BEM, pernah juga ambil kelas public speaking dan leadership program. Atau pernah juga aku isi dengan ikut lomba atau konferensi internasional," ujarnya dikutip dari laman Unair, Jumat (15/7/2022).

Sementara pada liburan semester ini, mahasiswa yang akrab disapa Gege itu sudah memiliki rencana kegiatan selama liburan. Gege mengikuti internship di Tokopedia hingga Agustus 2022.

"Di waktu yang bersamaan aku juga ngerjain riset kajian budaya bareng dosen S2," imbuhnya.

Tak hanya itu saja, ia masih mengikuti rangkaian kegiatan pemilihan mahasiswa berprestasi (Pilmapres) nasional. Dalam rangkaian tersebut, dia akan melakukan desk evaluation dalam bentuk ujian offline Pilmapres di Malang.

Baca juga: Makanan untuk Asam Urat, Info Ners Unair

Sebagai founder dan executive director SAFE Indonesia, Gege juga akan melakukan ekspedisi nusantara di bulan Juli. Ekspedisi kali ini dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional bersama anak-anak yatim piatu dan terlantar.

Sementara pada akhir Juli 2022, Gege akan menjadi presenter di Konferensi Internasional di Aachen, Jerman.

Tetapi, ia mengaku dapat kesan yang baik saat liburan. Seperti ketika mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat. Ada momen dimana Gege selama satu bulan penuh berkeliling ke beberapa kota untuk mengedukasi anak-anak yang membutuhkan.

"Cape tapi seru karena aku bisa belajar dan bermain bareng adik-adik yang punya latar belakang yang beda-beda," tutur mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unair tersebut.

Dari situ Gege mulai memiliki mimpi untuk terus membantu adik-adik dalam mengenyam pendidikan yang lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com