Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/07/2022, 11:50 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu program positif Universitas Negeri Surabaya (Unesa) ialah mewujudkan pembangunan daerah yang ramah disabilitas. Hal itu diwujudkan dengan bekerja sama Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim).

Adapun programnya ialah beasiswa khusus Program Studi (Prodi) S1 Pendidikan Luar Biasa (PLB) bagi putra-putri yang berasal dari provinsi ‘Benua Etam’.

Ternyata, program beasiswa ini juga sudah memasuki tahun ketiga. Salah satu tujuannya untuk meningkatkan kualitas, aksesibilitas, dan layanan pendidikan yang bermutu menuju Kaltim yang maju dan unggul.

Baca juga: Hari Anti Narkotika Internasional, Dosen Unesa: Ini Risiko Pakai Narkoba

Nantinya, peserta yang lolos beasiswa tersebut bebas sumbangan pengembangan institusi (SPI), uang kuliah tunggal (UKT) dan mendapat uang saku selama 8 semester atau empat tahun.

Menurut Dr. Sukarmin, M.Pd., selaku Ketua Satuan Admisi Unesa, beasiswa kerja sama ini bentuk dari upaya jajaran Pemprov Kaltim lewat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim.

Tujuannya ingin mewujudkan daerah yang betul-betul ramah dan punya kualitas terhadap aksesibilitas teman-teman disabilitas di semua aspek.

"Karena itu, langkah pertama yang dilakukan yaitu menyiapkan SDM lewat program beasiswa kerja sama ini," ujarnya dikutip dari laman Unesa, Minggu (3/7/2022).

Bagi yang berminat, tentu harus paham beberapa persyaratan dan jadwalnya. Program beasiswa kerja sama Unesa-Kaltim ini dibuka untuk SPMB atau jalur mandiri.

Baca juga: Akademisi UGM: Ini Hukum dan Penanganan Hewan PMK untuk Kurban

Jadwal

1. Pendaftaran dibuka mulai: 4-13 Juli 2022

2. Pelaksanaan Tes: 16-19 Juli 2022

3. Pengumuman Hasil Seleksi: 23 Juli 2022

4. Daftar ulang peserta: 24-27 Juli 2022

Persyaratan

1. Jalur ini ditujukan bagi peserta yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kalimantan Timur.

2. Merupakan lulusan SMA/MA/SMK/Paket C atau sederajat angkatan 2020, 2021 dan 2022 yang dibuktikan dengan ijazah atau surat keterangan lulus untuk lulusan tahun 2022.

3. Peserta akan melalui ujian tulis berbasis komputer dengan materi tes potensi akademik dan soshum.

4. Peserta hanya dapat memilih prodi S-1 Pendidikan Luar Biasa (PLB)

5. Seleksi atau tes akan dilaksanakan secara daring atau online.

Baca juga: Kisah Mahasiswa Unesa, Model Disabilitas yang Dirikan Sekolah Khusus Difabel

"Teman-teman dari Kaltim yang tentunya punya minat lanjut studi PLB, ini kesempatan yang tidak banyak didapatkan di luar sana. Beasiswanya full plus ada uang saku," jelas Sukarmin.

Bagi peserta yang hendak mendaftar beasiswa ini atau ingin tahu informasinya, maka bisa mengunjungi laman, https://sipenmaru.unesa.ac.id/

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com