Kompas.com - 25/06/2022, 14:01 WIB
|

KOMPAS.com - Kasus Covid-19 varian Omicron subvarian BA4 dan BA5 sudah terdeteksi di Indonesia beberapa waktu lalu.

Meski kasus positif Covid-19 maupun pasien meninggal dunia relatif masih rendah, namun adanya Omicron subvarian BA4 dan BA5 ini tentu patut diwaspadai masyarakat.

Hal ini agar tidak terjadi gelombang Covid-19 seperti yang terjadi di Indonesia pertengahan tahun 2021 silam.

Epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (Unair) Laura Navika Yamani menjelaskan, varian baru Covid-19 BA.4 dan BA.5 pertama kali ditemukan di Afrika Selatan.

"Varian baru Covid-19 BA.4 dan BA.5 ini pertama kali ditemukan di Afrika Selatan dan sedikitnya ada delapan kasus subvarian BA.4 dan BA.5 yang dicatat oleh Kementerian Kesehatan," terang Laura seperti dikutip dari laman Unair, Sabtu (25/6/2022).

Baca juga: Hyundai Motor Manufacturing Indonesia Buka Lowongan Kerja D3/S1

Kasus Omicron BA.4 dan BA.5 bergejala ringan

Laura menuturkan, dari kedelapan kasus yang ditemukan di Indonesia tiga di antaranya berasal dari kasus impor. Selain itu, terdapat juga kasus transmisi lokal yang terdeteksi di Bali dan Jakarta.

"Dari delapan kasus tersebut tiga orang yang teridentifikasi merupakan kasus impor dari Mauritius, Amerika Serikat, dan Brazil. Sementara sisanya merupakan kasus transmisi lokal," ungkap Laura.

Menurut Laura, sebagian besar penderita positif Covid-19 Omicron BA.4 dan BA.5 yang terdeteksi di Bali dan Jakarta, merasakan gejala ringan. Sedangkan satu penderita merasakan gejala sedang.

Pada temuan kasus Covid-19 subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 ini, Laura menyebutkan terdapat dua penderita yang terjangkit BA.4. Selain itu juga ada enam penderita terjangkit BA.5.

"Dari temuan kasus itu, dua penderita dilaporkan terpapar Omicron BA.4. Sementara enam penderita terpapar Omicron BA.5," imbuh Laura.

Baca juga: Intip 5 Prodi Itera Paling Diminati di SBMPTN 2022

Halaman:
Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.