Kompas.com - 25/06/2022, 08:59 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Direktur Center for Policy and Public Management SBM ITB, Dr. Yudo Anggoro menyebut kolaborasi dua perusahaan sektor transportasi, yakni PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) dan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) merupakan suatu terobosan yang sudah dinanti-nanti oleh publik.

Nantinya dari aksi kerja sama itu meluncurkan fitur GoTransit dalam aplikasi Gojek.

Baca juga: UB Terima 5.160 Maba SBMPTN 2022, Ini Cara Daftar Ulangnya

Sinergi ini, kata dia, juga sebuah langkah inovatif yang memiliki banyak potensial market, baik dari GoTo maupun KCI.

"Ini adalah contoh kolaborasi antara dua perusahaan yang sangat bagus dan sangat layak untuk semakin diperbesar. Bahkan akan sangat bagus jika GoTo melakukan kolaborasi dengan entitas-entitas lain, sehingga terbentuk ekosistem yang semakin luas," kata Yudo dalam keterangannya, Jumat (24/6/2022).

Yudo menambahkan, dari hasil survei yang pernah dirilis SBM ITB, perjalanan masyarakat dengan transportasi publik di masa pandemi sangat terbatas.

Karena itu, inovasi pembelian tiket KRL melalui fitur GoTransit, menurutnya hadir di saat yang tepat.

"Seiring dengan pelonggaran mobilisasi masyarakat, transaksi di GoTransit akan mengalami peningkatan yang signifikan. Ini tentu merupakan opportunity yang besar dan luas sekali bagi GoTo di segmen bisnis on-demand," jelas Yudo.

Tak hanya memberikan pengaruh dalam peningkatan layanan on-demand, Yudo menilai inovasi GoTransit sangat potensial dalam meningkatkan transaksi GoPay di dalam ekosistem GoTo.

Baca juga: ITB Career Center Buka Lowongan Kerja Staf bagi Lulusan S1

Langkah ini, sebut dia, merupakan salah satu wujud konkret dari strategi sinergi GoTo untuk meningkatkan value-added services atau layanan dengan nilai tambah untuk konsumennya.

"Masyarakat semakin dimudahkan, semakin melek teknologi, akses semakin mudah didapat. Selain itu juga merefleksikan perilaku konsumen kita yang nggak mau ribet. Dengan adanya one stop solution, ekosistem dalam satu apps, konsumen bisa mendapatkan banyak kemudahan," jelas Yudo.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.