Kompas.com - 25/06/2022, 13:57 WIB
|

KOMPAS.com - Calon mahasiswa yang belum lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 jangan berkecil hati.

Kamu masih bisa mencoba mendaftar perguruan tinggi negeri (PTN) incaranmu melalui jalur mandiri.

Universitas Padjadjaran (Unpad) termasuk salah satu perguruan tinggi yang masih membuka peluang mendaftar program Sarjana melalui SMUP Sarjana Jalur Mandiri.

Pendaftaran SMUP Sarjana Jalur Mandiri masih dibuka hingga Senin (27/6/2022) pukul 16.00 WIB mendatang.

"Untuk menghindari kesulitan dalam mendaftar, jika sudah mau ikut SMUP, silakan segera mendaftar supaya nanti tidak menumpuk," terang Kepala Kantor SMUP Unpad Ir. Anas seperti dikutip dari laman Unpad, Sabtu (25/6/2022).

Baca juga: Hyundai Motor Manufacturing Indonesia Buka Lowongan Kerja D3/S1

Bisa gunakan nilai UTBK atau ujian SMUP

Pendaftaran SMUP Sarjana Jalur Mandiri terbuka bagi lulusan SMA/SMK/MA tahun 2020, 2021, 2022. Termasuk bagi peserta yang tidak lolos di SBMPTN 2022.

Mekanisme seleksi dalam SMUP Sarjana Jalur Mandiri menggunakan dua basis penilaian, yaitu berdasarkan hasil UTBK dan nilai ujian SMUP.

Saat mengikuti SMUP Unpad, peserta diminta untuk memilih salah satu skema penilaian, yakni bisa menggunakan hasil UTBK atau mengikuti ujian SMUP yang akan digelar pada 7 Juli 2022 mendatang.

"Bagi yang tidak lulus SBMPTN 2022 diperbolehkan sekali mengikuti SMUP Jalur Mandiri," imbuh Anas.

Peserta diperbolehkan memilih menggunakan nilai UTBK atau apabila masih tidak yakin dengan hasil UTBK, bisa memilih mengikuti ujian. Anas mengingatkan, bagi peserta yang memilih skema nilai UTBK hanya dapat memilih program studi sesuai kelompok pilihan ketika mendaftar di UTBK.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.