Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Gangguan Mental Bipolar? Kenali Tipe dan Cirinya

Kompas.com - 28/05/2022, 11:30 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Ada sejumlah faktor yang menyebabkan seseorang mengalami masalah kesehatan mental. Gangguan kesehatan mental bipolar menjadi salah satu masalah kesehatan mental yang ramai diperbincangkan.

Dosen Psikologi Unair, Nido Dipo Wardana mengungkapkan bahwa gangguan bipolar dapat diartikan sebagai peningkatan mood dan juga energi yang tiba-tiba serta sangat kuat dan sifatnya mengganggu fungsi sehari-hari.

“Artinya tiba-tiba merasakan dorongan yang sangat kuat untuk melakukan sesuatu, tiba-tiba merasa bahwa dirinya orang yang hebat, harga dirinya naik, kebutuhan tidur dan istirahatnya menurun karena energinya meningkat,” jelasnya seperti dilansir dari laman Unair.

Baca juga: Apakah Minum Suplemen Dapat Merusak Ginjal? Ini Penjelasan Dokter UGM

Bipolar terbagi atas 2 tipe

Secara umum, Nido menjelaskan bahwa bipolar dapat dikategorikan menjadi dua tipe.

“Jadi kalau tipenya sendiri yang paling umum adalah ada dua tipe yaitu gangguan bipolar satu dan gangguan bipolar dua. Perbedaannya adalah pada tingkat keparahannya,” ujar Nido.

Lebih lanjut Nido menyatakan bahwa bipolar tipe satu cenderung lebih parah dibandingkan bipolar tipe dua. Hal ini dapat terlihat dari ciri-ciri pada penderita bipolar.

Penderita bipolar dapat mengalami episode manik yang merupakan ciri khas dari gangguan bipolar.

“Dikatakan episode manik ketika gangguan mood dan juga energi terjadi setidaknya satu minggu. Jadi lebih parah dibandingkan episode hipomanik yang itu menjadi ciri gangguan bipolar dua,” tuturnya.

Episode hipomanik tidak jauh berbeda dengan episode manik. Menurut Nido seseorang dapat dikatakan mengalami gangguan bipolar episode hipomanik ketika orang tersebut mengalami gangguan mood kurang dari satu minggu.

Baca juga: Beasiswa S2-S3 di Malaysia 2022, Tunjangan Rp 5 Juta Per Bulan

“Hipomanik sifatnya lebih tidak parah dan juga terjadinya tidak harus satu minggu tapi minimal empat hari berturut-turut,” tutur Nido.

Selain dua tipe tersebut, sambung Nido terdapat beberapa tipe gangguan bipolar lainnya yang dapat disebabkan oleh beberapa hal.

“Tentu saja terdapat beberapa tipe gangguan bipolar yang lainnya misalnya gangguan bipolar yang disebabkan oleh penggunaan obat-obatan tertentu, kondisi medis tertentu itu juga bisa. Tapi umumnya bipolar dibedakan menjadi dua yaitu bipolar satu dan bipolar dua,” tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com