Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unesa Evaluasi UTBK 2022, Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan Peserta

Kompas.com - 25/05/2022, 16:34 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) 2022 gelombang I sudah selesai.

Sesuai jadwal dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), UTBK 2022 gelombang I dilaksanakan pada 17 Mei 2022 berakhir pada Senin, 23 Mei 2022.

Setelah pelaksanaan UTBK 2022 gelombang I selesai, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mengadakan evaluasi.

Selama pelaksanaan UTBK 2022 gelombang I, ada banyak kesalahan yang dilakukan para peserta. Sebagai pembelajaran, calon mahasiswa yang akan mengikuti UTBK SBMPTN 2022 gelombang II, wajib mengetahui kesalahan yang dilakukan para peserta di gelombang I.

Baca juga: PT Tata Udara Nasional Buka Lowongan Kerja bagi S1, Yuk Daftar

Hal ini bertujuan agar para peserta tidak melakukan kesalahan yang sama saat mengikuti UTBK gelombang II mendatang.

1. Terlambat ujian sehingga batal

Ketua Satuan Admisi Unesa, Dr. Sukarmin menjelaskan, pada sesi pertama ada satu peserta asal Bojonegoro yang terlambat melebihi waktu yang ditentukan dan terpaksa tidak bisa mengikuti ujian.

Peserta tersebut menginap di salah satu penginapan di kawasan Gubeng. Alasannya terlambat karena paginya merasa kurang sehat.

Peserta yang tidak disebutkan namanya itu bertolak dari penginapannya di kawasan Gubeng sekitar pukul 06.30 dan tiba di lokasi ujian sekitar pukul 07.28. Sementara batas keterlambatan sampai pukul 07.15.

"Toleransi keterlambatan peserta yaitu 30 menit. Itu dihitung mulai 06.45 hingga 07.15. Sesuai ketentuan dari pusat, peserta yang terlambat lebih dari waktu toleransi tidak bisa mengikuti ujian," papar Sukarmin seperti dikutip dari laman Unesa, Rabu (25/5/2022).

Baca juga: Dosen IPB Ungkap 4 Ancaman Upaya Pelestarian Serangga

Dari kasus tersebut, peserta pada sesi dan gelombang berikutnya harus hadir lebih awal di lokasi ujian.

Pastikan lokasi ujiannya di kampus mana, ketahui jarak tempuh dan tentukan transportasi ke lokasi.

"Meski tesnya di Unesa, tetapi lokasi ujiannya tidak berdekatan. Jarak kampus Ketintang dan Lidah Wetan itu cukup jauh, begitupun dengan lokasi ujian di kampus mitra," beber Sukarmin.

2. Keliru tanggal ujian

Selain itu, juga ada peserta yang datang ujian di tanggal yang salah. Peserta yang akan mengikuti tes kelompok Saintek itu harusnya mengikuti tes pada sesi ke-9 (sesi pagi), Sabtu, 21 Mei 2022.

Namun, peserta UTBK malah datang mengikuti tes pada Minggu, 22 Mei 2022. Hal ini bisa terjadi karena peserta keliru melihat jadwal atau tidak memastikan kembali tanggal ujian yang tertera di kartu peserta tesnya.

Bagi peserta gelombang berikutnya, diimbau untuk memperhatikan baik-baik jadwal ujiannya, kapan, di kampus mana dan pada sesi keberapa. Hal itu penting, sebab kalau sampai keliru, resikonya bisa gagal ikut ujian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com