Kompas.com - 23/05/2022, 14:29 WIB

KOMPAS.com - Sebanyak 195 mahasiswa Universitas Indonesia (UI) berhasil lolos seleksi program beasiswa Indonesian International Mobility Awards (IISMA) tahun 2022.

Jumlah tersebut menjadikan UI sebagai perguruan tinggi di Indonesia yang paling banyak mengirim mahasiswanya untuk melanjutkan studi selama satu semester pada universitas ternama di Amerika, Asia, Australia, hingga Eropa.

IISMA sendiri merupakan salah satu Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI.

Setiap peserta akan mendapatkan pembiayaan kuliah, biaya hidup, asuransi kesehatan, biaya pembuatan visa dan tiket pesawat, serta biaya tes Covid-19 (PCR) dan karantina.

Baca juga: UI Buka Jalur Prestasi S1 2022, Simak Ketentuan dan Cara Daftar

Melalui program IISMA mahasiswa dapat mempelajari pengetahuan multidisiplin berdasarkan minat masing-masing melalui mata kuliah untuk pengembangan diri dan sesuai dengan persyaratan yang berlaku di perguruan tinggi mitra di luar negeri dan perguruan tinggi asal mahasiswa.

Tak hanya itu, program IISMA memberikan kesempatan bagi mahasiswa meningkatkan pemahaman lintas budaya, meningkatkan jejaring di tingkat internasional, dan memberi pengalaman bagi mahasiswa untuk mendapatkan karier masa depan.

Program IISMA juga membekali mahasiswa dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk dunia kerja masa depan yaitu, sense-making, social intelligence, novel & adaptif thinking, cross-cultural competence, komputasional thinking, new-media literacy, transdisciplinarity, design mindset, manajemen beban kognitif, dan kolaborasi virtual.

Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro menyampaikan rasa bangga kepada 195 mahasiswa tersebut, karena berhasil melewati berbagai tahapan seleksi IISMA.

Ia mengapresiasi upaya para mahasiswa yang meraih program beasiswa ke berbagai universitas bergengsi di Amerika, Asia, Australia, dan Eropa, antara lain University of British Columbia, The University of Pennsylvania, University College London, The University of Edinburgh, Nanyang Technological University, University of Melbourne, University of Auckland, dan Korea University.

Baca juga: Cerita Mahasiswa Asal Jember Jadi WNI Pertama Bekerja di Tesla Jerman

Direktur Kemahasiswaan UI,Badrul Munir menyampaikan bahwa sejumlah 745 mahasiswa UI mengajukan aplikasi program IISMA tahun 2022 ini.

"Sebelumnya, Universitas Indonesia turut memberikan bantuan persiapan bagi pelamar IISMA UI melalui program bantuan tes Bahasa Inggris bagi mahasiswa serta berbagai program persiapan lainnya yang dilaksanakan oleh Center for Independent Learning," katanya seperti dilansir dari keterangan resmi UI.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.