Kompas.com - 18/05/2022, 13:44 WIB

KOMPAS.com - Berkat kegigihannya, Muhammad Mikail Rais, siswa SMA Cahaya Rancamaya Bogor, berhasil diterima di tiga universitas terbaik luar negeri. Ketiga kampus tersebut menempati peringkat top 100 dunia versi QS World University Rankings.

Tiga universitas tersebut adalah Nanyang Technological University (peringkat 12 dunia) Singapore, University of Toronto (peringkat 26 dunia) Kanada, dan University of Western Australia (peringkat 93 dunia) Australia.

Saat ini, siswa yang akrab dipanggil dengan nama Kai masih menunggu pengumuman kelulusan dari tiga universitas top dunia dengan peluang diterima yang juga cukup tinggi.

Kampus-kampus tersebut adalah National University of Singapore (peringkat 11 dunia), University of Pennsylvania (peringkat 13 dunia), dan University of Illinois at Urbana-Champaign (peringkat 82 dunia).

Pilihan siswa SMA Cahaya Rancamaya ini mengerucut ke universitas top di Singapura, yakni NTU (Nanyang TEchnological University) dengan jurusan Electrical and Electronic Engineering.

Gigih perjuangkan impian

Kunci utama keberhasilan Kai berhasil lolos di berbagai kampus terbaik dunia adalah upaya yang gigih serta selalu merasa butuh untuk mencapai impian. Beberapa persiapan khusus dijalani oleh dirinya selama duduk di bangku SMA.

Ia mengikuti les persiapan kuliah di luar negeri secara online untuk belajar menyelesaikan soal-soal Fisika dan Matematika yang akan diujikan.

Lembaga persiapan yang Kai ikuti juga menyediakan sesi seminar dan motivasi yang menambah wawasan serta semangat agar tidak mudah menyerah dalam berkompetisi.

Selain itu, dirinya juga mengikuti kursus bahasa asing demi meraih skor tinggi IELTS serta berlatih menulis esai dan menghadapi interview dengan baik.

Baca juga: Unand Buka Seleksi Masuk Jalur Prestasi hingga Disabilitas, Ayo Daftar

Di luar jam sekolah dan kursus, Kai juga belajar secara mandiri yang biasa dilakukan di sore hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.