Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/05/2022, 12:57 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Andalas (Unand) telah membuka penerimaan mahasiswa baru lewat 3 jalur seleksi masuk (SIMA), yakni jalur prestasi, kerja sama, dan disabilitas mulai 12 Mei - 7 Juni 2022.

Wakil Rektor I Unand, Prof. Mansyurdin mengungkapkan, jalur seleksi masuk ini terdiri dari berbagai jenis, yakni SIMA Akademik, SIMA Prestasi, SIMA Kerja Sama, SIMA Disabilitas, dan SIMA Internasional.

Baca juga: Kisah Zahra, Mahasiswa ITB Peraih IP 3,81 dengan Segudang Kesibukan

"Namun yang sudah dibuka pendaftarannya yakni jalur SIMA Prestasi, SIMA Kerja Sama, dan SIMA Disabilitas dari tanggal 12 Mei – 7 Juni 2022 melalui laman http://pmbm.unand.ac.id," ucap dia melansir laman Unand, Senin (16/5/2022).

Dia menyampaikan, seleksi masuk jalur prestasi ini dibuka memiliki tujuan untuk memberikan kesempatan bagi lulusan SMA sederajat yang mempunyai prestasi dalam bidang bakat, minat, dan penalaran minimal juara III pada perlombaan ditingkat nasional maupun internasional.

"Ini dibuktikan dengan sertifikat dari lembaga penyelenggara," ucap dia.

Kemudian prestasi penalaran lainnya dibidang keagamaan, seperti Hafiz Al Quran minimal hafalan 10 juz dibuktikan dengan sertifikat dari sekolah.

Tahun ini, kata dia, Unand juga memberikan kesempatan bagi mereka yang memiliki bakat dibidang kepemimpinan, seperti Ketua OSIS/OSIM atau organisasi intra lainnya yang setara.

"Kelebihan dari jalur ini mahasiswa tidak dibebankan biaya Pengembangan Institusi (PI) dan level UKT disesuaikan dengan penghasilan orang tua, tetapi khusus jalur hafidz 10 juz dan kepemimpinan masih tetap dikenakan biaya PI," tutur dia.

Selanjutnya, seleksi masuk jalur kerja sama dibuka memiliki tujuan untuk meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi lulusan SMA/MA/SMK atau sederajat yang berasal dari daerah 3 T.

Lalu juga untuk meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi lulusan SMA sederajat yang memiliki kemampuan akademik baik dengan latar belakang ekonomi tidak mampu.

"Tahun kemarin ada beberapa pemerintah daerah (Pemda) yang sudah bersedia bekerja sama untuk jalur ini diantaranya Pemda Solok Selatan, Pemda Dharmasraya, dan Pemda Kerinci," ujar dia.

"Jalur ini semua biaya pendidikan mahasiswa akan ditanggung oleh Pemdanya masing-masing, baik UKT maupun PI," jelas dia.

Baca juga: Dosen UNS: Ini Cara Cegah Hepatitis Akut

Kemudian seleksi masuk jalur disabilitas, lanjut dia, Unand membuka kesempatan bagi penyandang disabilitas lulusan SMA sederajat untuk melanjutkan pendidikannya di Unand.

Itu dengan dibuktikan surat keterangan disabilitas dari Rumah Sakit Pemerintah atau instansi yang berwenang.

"Ketiga jalur ini sudah dibuka pendaftarannya hingga 7 Juni 2022 mendatang, untuk pengumuman kelulusan akan diumumkan sehari setelah pengumuman hasil SBMPTN 2022, yakni 24 Juni 2022," ucapnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com