Kompas.com - 16/05/2022, 12:57 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Universitas Andalas (Unand) telah membuka penerimaan mahasiswa baru lewat 3 jalur seleksi masuk (SIMA), yakni jalur prestasi, kerja sama, dan disabilitas mulai 12 Mei - 7 Juni 2022.

Wakil Rektor I Unand, Prof. Mansyurdin mengungkapkan, jalur seleksi masuk ini terdiri dari berbagai jenis, yakni SIMA Akademik, SIMA Prestasi, SIMA Kerja Sama, SIMA Disabilitas, dan SIMA Internasional.

Baca juga: Kisah Zahra, Mahasiswa ITB Peraih IP 3,81 dengan Segudang Kesibukan

"Namun yang sudah dibuka pendaftarannya yakni jalur SIMA Prestasi, SIMA Kerja Sama, dan SIMA Disabilitas dari tanggal 12 Mei – 7 Juni 2022 melalui laman http://pmbm.unand.ac.id," ucap dia melansir laman Unand, Senin (16/5/2022).

Dia menyampaikan, seleksi masuk jalur prestasi ini dibuka memiliki tujuan untuk memberikan kesempatan bagi lulusan SMA sederajat yang mempunyai prestasi dalam bidang bakat, minat, dan penalaran minimal juara III pada perlombaan ditingkat nasional maupun internasional.

"Ini dibuktikan dengan sertifikat dari lembaga penyelenggara," ucap dia.

Kemudian prestasi penalaran lainnya dibidang keagamaan, seperti Hafiz Al Quran minimal hafalan 10 juz dibuktikan dengan sertifikat dari sekolah.

Tahun ini, kata dia, Unand juga memberikan kesempatan bagi mereka yang memiliki bakat dibidang kepemimpinan, seperti Ketua OSIS/OSIM atau organisasi intra lainnya yang setara.

"Kelebihan dari jalur ini mahasiswa tidak dibebankan biaya Pengembangan Institusi (PI) dan level UKT disesuaikan dengan penghasilan orang tua, tetapi khusus jalur hafidz 10 juz dan kepemimpinan masih tetap dikenakan biaya PI," tutur dia.

Selanjutnya, seleksi masuk jalur kerja sama dibuka memiliki tujuan untuk meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi lulusan SMA/MA/SMK atau sederajat yang berasal dari daerah 3 T.

Lalu juga untuk meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi lulusan SMA sederajat yang memiliki kemampuan akademik baik dengan latar belakang ekonomi tidak mampu.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.