Kompas.com - 18/05/2022, 14:15 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA/SMK di masing-masing provinsi segera dilaksanakan.

Bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan jenjang SMA/SMK di DIY, penting untuk disimak salah satu rangkaian dalam PPDB.

Yaitu proses Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah atau yang lebih dikenal ASPD DIY. Bagi lulusan luar DIY yuk simak baik-baik mengenai apa itu proses ASPD yang harus dilalui siswa.

Melansir dari laman resmi Disdikpora DIY, Rabu (18/5/2022) ASPD adalah salah satu instrumen ukur yang dibuat oleh Disdikpora DIY untuk melihat peta mutu pendidikan di Daerah Istimewa Yogyakarta melalui kualitas lulusan peserta didik di jenjang SMP/MTs.

Baca juga: Bank BCA Buka Lowongan Kerja bagi S1, Terbuka untuk Fresh Graduate

Siswa harus ikuti ASPD sebelum daftar PPDB DIY 2022

ASPD ini berkaitan dengan pelaksanaan PPDB 2022 karena nilai yang diperoleh oleh setiap peserta ASPD akan menjadi salah satu komponen dalam perhitungan nilai gabungan pada proses seleksi PPDB SMA dan SMK Negeri di lingkungan wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta

Bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan SMA di DIY, catat jadwal pelaksanaan ASPD bagi Lulusan Luar DIY/Lulusan sebelum tahun 2022.

Jadwal pelaksanaan ASPD

Bagi siswa yang berasal dari SMP/MTs di luar wilayah DIY atau lulusan sebelum tahun 2022 ASPD akan dilaksanakan dengan jadwal sebagai berikut:

1. Pendaftaran: 30 Mei 2022 hingga 6 Juni 2022

2. Dilakukan secara online melalui laman https://aspd.jogjacbt.web.id

3. Cetak Kartu Peserta (Mandiri) sekaligus melihat pembagian lokasi pelaksanaan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.