Kompas.com - 18/05/2022, 10:09 WIB

KOMPAS.com - Apapun jurusan kuliah yang kamu ambil atau jenis pekerjaan yang akan kamu geluti setelah lulus, penggunaan Microsoft Words maupun Microsoft Excel bisa menjadi aktivitas yang kamu lakukan sehari-hari.

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) bahkan sempat menyebut bahwa dalam dunia kerja, kemampuan menggunakan rumus Excel dibutuhkan untuk mempercepat proses pengolahan data perusahaan.

Itulah mengapa, Microsoft Excel kini sudah menjadi salah satu syarat standar bekerja di berbagai perusahaan, terutama bagi kamu yang ingin berprofesi sebagai praktisi data di industri.

Baca juga: 9 Rumus Excel yang Sering Digunakan di Dunia Kerja, Mahasiswa Wajib Tahu

Tujuan digunakannya Excel dalam industri yaitu untuk memudahkan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan data numerik, misalnya seperti melakukan analisis data, melakukan perhitungan dasar matematika dan statistik, hingga membuat sebuah visualisasi data menggunakan grafik.

Menariknya, belajar Excel kini terbuka untuk semua kalangan dan calon talenta data yang ingin memiliki skill dasar Excel hingga meningkatkan kemampuan penggunaan Excel.

Untuk mendukung calon talenta data dan praktisi data mempersiapkan skill Excel, DQLab Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menghadirkan program pelatihan Excel melalui "Belajar Excel dari Basic Hingga Visualisasi Data Sederhana".

Pelatihan ini akan dipandu Tantut Wahyu yang merupakan seorang Data Analyst e-Commerce ternama di Indonesia sekaligus member dan alumnus DQLab.

Baca juga: Kemendikbud Luncurkan Beasiswa Indonesia Maju, Kuliah Gratis S1-S2

Cakupan Pelatihan Excel Gratis

Pada program ini, peserta akan mendapatkan penjelasan lebih detail berupa trik belajar Excel dengan cepat dan mudah terutama dalam mengolah data hingga memahami pentingnya melakukan visualisasi data. Termasuk mempelajari rumus Excel paling populer yang digunakan dalam dunia kerja.

Selain belajar bersama lebih dalam bersama praktisi Data Analyst e-Commerce ternama di Indonesia, terdapat keuntungan lainnya yang didapatkan bagi peserta. Yakni mendapatkan peluang memperluas relasi bersama praktisi data dan mendapatkan bekal untuk mempersiapkan diri berkarier di industri melalui sesi sharing seru penggunaan Excel dalam pekerjaan.

Syarat dan cara daftar Pelatihan Excel Gratis

Pada pelatihan belajar Excel terbuka secara umum bagi peserta yang memiliki ketertarikan untuk mengenal dan mendalami Excel sebagai salah satu tools ilmu Data Science yang digunakan dalam dunia kerja.

Masa registrasi terbuka dari 10-20 Mei 2022. Informasi lebih lengkapnya dan pendaftaran dapat dilakukan melalui laman https://bit.ly/daftardqgratis 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.