Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswi Unesa Raih Juara dari Berbagai Kompetisi Selama Setahun

Kompas.com - 09/05/2022, 16:12 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Mahasiswi Universitas Negeri Surabaya (Unesa) ini banyak prestasi. Tak hanya di satu bidang, tetapi Dinda Ayuni Setiawan suka ikut berbagai kompetisi.

Bahkan selama 2021, mahasiswi Bahasa dan Sastra Indonesia ini telah ikut 114 lomba. Sedangkan pada Januari hingga Mei 2022 sudah ikut sebanyak 35 kompetisi.

Apa saja yang diikuti Dinda? Ternyata ia ikut lomba menulis puisi, poster, pantun hingga lomba photogenic. Tidak heran jika dia mengoleksi 12 juara pada 2021 dan 8 kali juara lomba tahun ini.

Baca juga: Biarawan Kamboja Beri Kesan Baik Indonesia Saat Kuliah di Unesa

Sedang karya Dinda sebagian masuk dalam kategori penulis favorit, ada yang masuk penulis terpilih, naskah inspiratif dan ada juga yang lolos dalam pembukuan ontologi ber-ISBN.

Melansir laman Unesa, Senin (9/5/2022), berikut berbagai prestasi yang telah ditorehkan Dinda:

1. Cipta puisi

Untuk lomba puisi, Dinda mengaku pernah berkali-kali juara pada kompetisi yang berbeda. Dinda baru-baru ini juara 1 Lomba Cipta Puisi kategori umum tingkat nasional yang diselenggarakan HappyKids Competition pada 13 April 2022 yang diikuti sekitar 200 peserta.

Kemudian juara 1 Lomba Puisi Kompetisi Kreatif Event ke-6 Tingkat Nasional yang diselenggarakan Competition Creative Online pada 2 April 2022 yang diikuti sekitar 200 peserta juga.

Ia punya cara sendiri dalam mencari inspirasi untuk menulis puisi yang di antaranya banyak membaca topik atau tema lomba yang akan diikuti.

"Misalnya saya akan mengikuti lomba puisi bertema 'cinta', maka saya akan membaca 'Garis Waktu' karya Fiersa Besari. Dengan begitu saya bisa dapat banyak ide-ide dan diksi yang akan digunakannya dan menjadikan suatu karya yang memukau," ujarnya dikutip dari laman Unesa.

Baca juga: Ketahui 4 Mitos Prodi Matematika yang Bikin Calon Mahasiswa Takut

2. Photogenic

Tak hanya itu saja, dia juga hobi berpose di depan kamera. Hobinya itu lantas diseriusin dan diikutkan kompetisi. Bahkan, berkat karya berbasis hobinya itu, dia beberapa kali mendapat tawaran untuk menjadi model foto dalam katalog baju.

"Lomba photogenic ini juga tak lepas dari jasa teman-teman saya yang jadi fotografernya. Teman yang mengajari dan membantu saya untuk berpose," bebernya.

3. Cerpen, poster dan pantun

Selain itu, Dinda juga menyingkirkan sekitar 100 peserta lainnya dan keluar sebagai juara 1 Lomba Cerpen Kategori Umum Tingkat Nasional yang diselenggarakan HappyKids Competition pada 13 April 2022.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com