Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kontribusi Unmul Terhadap Pemindahan Ibu Kota Negara

Kompas.com - 09/05/2022, 11:59 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Proses pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) telah dimulai. Yakni dengan dimulainya proses pembangunan infrastruktur di Provinsi Kalimantan Timur.

Terkait hal itu, Rektor Universitas Mulawarman (Unmul), Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si., masuk dalam jajaran susunan keanggotaan Tim Ahli bersama beberapa sosok profesional hingga elite Kementerian terkait.

Ini berdasarkan Keputusan Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia, nomor 105 tahun 2022 tentang Tim Transisi Pendukung Persiapan, Pembangunan, dan Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN).

Baca juga: Sejarawan UGM: Nama IKN Nusantara Merujuk Wilayah Ini

Adapun di Surat Keputusan tersebut, termaktub Tim Transisi dibentuk dalam rangka mendukung kelancaran dan percepatan persiapan, pembangunan, dan pemindahan Ibu Kota Negara.

Tugas Tim Transisi IKN

Melansir laman resmi Universitas Mulawarman (Unmul), Jumat (6/5/2022), Tim Transisi IKN memiliki tugas diantaranya:

1. Mengonsolidasikan penyelenggaraan program atau kegiatan yang dilaksanakan oleh kementerian atau lembaga dan Otorita Ibu Kota Nusantara dalam rangka:

  • persiapan
  • pembangunan
  • pemindahan Ibu Kota Negara

2. Untuk memastikan realisasi kegiatan persiapan, pembangunan, dan pemindahan Ibu Kota Negara sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Baca juga: Jurusan Paling Populer di UGM pada SBMPTN 2021

Rektor Unmul sendiri merupakan Guru Besar Bidang Pengembangan Wilayah dan Ilmu Pemerintahan. Ia juga sering menegaskan mengenai hal-hal penting yang perlu diperhatikan Pemerintah Pusat dalam pembangunan IKN.

Salah satunya, Ibukota baru seharusnya tidak hanya sekedar Green City, tetapi mengusung konsep Forest City atau Tropical City.

Ciri kota di dalam kawasan hutan tropis lembab menjadi ciri khusus IKN, dengan tanaman endemic Kalimantan.

"IKN harus dapat menyejahterakan masyarakat lokal sekitarnya. Ciri khas masyarakat lokal tetap harus dijaga baik budaya maupun kearifan lokalnya," ujarnya dikutip dari laman Unmul.

Bidang kesehatan berbasis tropis

Sedangkan dalam masa pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ke Kalimantan Timur (Kaltim), Unmul mengambil peluang untuk pendirian Center of Exellence di bidang kesehatan, khususnya berbasis tropis.

Adapun tujuan dibangunnya Lembaga Kesehatan ini untuk mengakomodir Warga Negara Indonesia yang berobat ke Luar Negeri seperti ke Malaysia dan Singapura.

Nantinya juga akan mulai mengubah budaya pelayanan kesehatan di Indonesia untuk memiliki kesan yang positif.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Yuk Mengenal Prodi Teknik Lepas Pantai ITS

Sementara pokok-pokok pikiran kontribusi Unmul terhadap IKN lainnya juga pernah disampaikan Rektor di berbagai pertemuan resmi, satu diantaranya adalah Unmul dapat berperan dalam menjembatani untuk semua pemangku kepentingan dalam hubungannya dengan kajian:

1. Pemindahan

2. Pembangunan dan penyelenggaraan IKN

3. Pengembangan Sumberdaya Manusia IKN

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com