Kompas.com - 09/05/2022, 11:59 WIB
|

KOMPAS.com - Proses pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) telah dimulai. Yakni dengan dimulainya proses pembangunan infrastruktur di Provinsi Kalimantan Timur.

Terkait hal itu, Rektor Universitas Mulawarman (Unmul), Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si., masuk dalam jajaran susunan keanggotaan Tim Ahli bersama beberapa sosok profesional hingga elite Kementerian terkait.

Ini berdasarkan Keputusan Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia, nomor 105 tahun 2022 tentang Tim Transisi Pendukung Persiapan, Pembangunan, dan Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN).

Baca juga: Sejarawan UGM: Nama IKN Nusantara Merujuk Wilayah Ini

Adapun di Surat Keputusan tersebut, termaktub Tim Transisi dibentuk dalam rangka mendukung kelancaran dan percepatan persiapan, pembangunan, dan pemindahan Ibu Kota Negara.

Tugas Tim Transisi IKN

Melansir laman resmi Universitas Mulawarman (Unmul), Jumat (6/5/2022), Tim Transisi IKN memiliki tugas diantaranya:

1. Mengonsolidasikan penyelenggaraan program atau kegiatan yang dilaksanakan oleh kementerian atau lembaga dan Otorita Ibu Kota Nusantara dalam rangka:

  • persiapan
  • pembangunan
  • pemindahan Ibu Kota Negara

2. Untuk memastikan realisasi kegiatan persiapan, pembangunan, dan pemindahan Ibu Kota Negara sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Baca juga: Jurusan Paling Populer di UGM pada SBMPTN 2021

Rektor Unmul sendiri merupakan Guru Besar Bidang Pengembangan Wilayah dan Ilmu Pemerintahan. Ia juga sering menegaskan mengenai hal-hal penting yang perlu diperhatikan Pemerintah Pusat dalam pembangunan IKN.

Salah satunya, Ibukota baru seharusnya tidak hanya sekedar Green City, tetapi mengusung konsep Forest City atau Tropical City.

Ciri kota di dalam kawasan hutan tropis lembab menjadi ciri khusus IKN, dengan tanaman endemic Kalimantan.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.