Kompas.com - 09/05/2022, 11:46 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Sebanyak 3 mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) memperpanjang daftar perolehan prestasi Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Tim yang terdiri dari Arief Rachman Hakim, Varent Nindy Oktaviani Rusmarlina dan Nuri Fathriya Mardlatillah berhasil mengalahkan sejumlah peserta dari berbagai kampus besar tanah air, termasuk peserta dari UI dan ITB pada babak tiga besar.

Baca juga: Unesa Posisi Ke-8 sebagai Kampus Kualitas Terbaik di Indonesia

Mereka keluar sebagai juara dalam kompetisi, Mathematical Modeling Competition (MMC) 2022 oleh Departemen Matematika, Institut Teknologi Bandung (ITB), Maret lalu.

Dosen Pembimbing Unesa, Dimas Avian Maulana mengatakan, MMC merupakan bagian dari MCF (Mathematic Challenge Festival) yang rutin diselenggarakan ITB.

Semula merupakan kompetisi tingkat nasional, tahun ini dinaikkan levelnya menjadi tingkat internasional.

Pada kompetisi ini, peserta diberikan topik, Mathematical Modeling atau Model Matematika.

"Dalam Matematika itu ada beberapa cabang keilmuan, di antaranya ada Matematika murni dan terapan. MMC ini itu masuk ke Matematika terapan yang tidak terlalu banyak rumus," ucap dia melansir laman Unesa, Senin (9/5/2022).

Arief Rachman Hakim menjelaskan, mereka mengikuti lomba tersebut untuk mengasah kemampuan dan kreativitas.

"Jarang sekali ada info lomba modelling untuk Matematika. Jadi excited buat ikut, ditambah seru banget karena semua partisipan baik dalam atau luar Indonesia bisa ikut. Ngomong-ngomong sekalian mengecek kemampuan dan kreativitas menyelesaikan problem dengan model Matematika," jelas dia.

Baca juga: TNI AD Buka Rekrutmen Taruna Akmil Tahun 2022 untuk Lulusan SMA/MA

Pada kompetisi tersebut, Arief dan dua temannya mengikuti beberapa tahapan.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.