Kompas.com - 26/04/2022, 10:13 WIB

KOMPAS.com - "Success occurs when opportunity meets preparation."

Kutipan dari Zig Ziglar yang berarti "sukses terjadi ketika kesempatan bertemu dengan persiapan" itu diungkapkan Laura Andiny Sutrisna, asisten dari Wakil Presiden Human Capital Management BCA.

Laura memberikan sejumlah tips berkarier kepada mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam acara Saturday Lesson dari ITB Career Center, Jumat (8/4/2022) lalu.

Memberikan gambaran nyata, Luara menceritakan pengalamannya terlebih dulu saat lulus kuliah. Ia bercerita bahwa perjalanan pencarian kerjanya memakan waktu beberapa bulan.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti 1 Tahun Lulusan SMA-SMK dan D1-S1, Segera Daftar

Dia mengakui bahwa saat itu ia mengira mendapat kerja bakal mudah dan cepat karena statusnya sebagai lulusan universitas negeri, tetapi realita tidak sama dengan ekspektasi.

Penolakan dan tidak ditanggap balik oleh perusahaan merupakan pengalaman lumrah selama masa-masa tersebut.

“Ternyata, kampus bagus atau IPK bagus tidak menjamin kita langsung keterima kerja. Maka dari itu, kita harus mempersiapkan diri jauh-jauh hari," saran Laura seperti dilansir dari laman ITB.

Jadi pekerja atau pengusaha?

Hal pertama yang menurutnya perlu dilakukan sebagai persiapan karier adalah mengetahui apa yang ingin lakukan setelah lulus, seperti menjadi pengusaha, pekerja, atau lanjut kuliah.

Kandidat pekerja juga perlu melamar ke perusahaan dan melalui beberapa proses ujian dan wawancara sebelum mereka ditentukan untuk diterima.

Baca juga: Kemendikbud Buka Lowongan Kerja Magang 2022, Cek 6 Posisi dan Syarat

Siapkan CV yang tepat

Melamar ke perusahaan perlu mempersiapkan dokumen-dokemen penting, dan salah satunya adalah CV.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.