Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

ITB Career Center: Persiapan yang Harus Dilakukan untuk Masuk Dunia Kerja

KOMPAS.com - "Success occurs when opportunity meets preparation."

Kutipan dari Zig Ziglar yang berarti "sukses terjadi ketika kesempatan bertemu dengan persiapan" itu diungkapkan Laura Andiny Sutrisna, asisten dari Wakil Presiden Human Capital Management BCA.

Laura memberikan sejumlah tips berkarier kepada mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam acara Saturday Lesson dari ITB Career Center, Jumat (8/4/2022) lalu.

Memberikan gambaran nyata, Luara menceritakan pengalamannya terlebih dulu saat lulus kuliah. Ia bercerita bahwa perjalanan pencarian kerjanya memakan waktu beberapa bulan.

Dia mengakui bahwa saat itu ia mengira mendapat kerja bakal mudah dan cepat karena statusnya sebagai lulusan universitas negeri, tetapi realita tidak sama dengan ekspektasi.

Penolakan dan tidak ditanggap balik oleh perusahaan merupakan pengalaman lumrah selama masa-masa tersebut.

“Ternyata, kampus bagus atau IPK bagus tidak menjamin kita langsung keterima kerja. Maka dari itu, kita harus mempersiapkan diri jauh-jauh hari," saran Laura seperti dilansir dari laman ITB.

Jadi pekerja atau pengusaha?

Hal pertama yang menurutnya perlu dilakukan sebagai persiapan karier adalah mengetahui apa yang ingin lakukan setelah lulus, seperti menjadi pengusaha, pekerja, atau lanjut kuliah.

Kandidat pekerja juga perlu melamar ke perusahaan dan melalui beberapa proses ujian dan wawancara sebelum mereka ditentukan untuk diterima.

Siapkan CV yang tepat

Melamar ke perusahaan perlu mempersiapkan dokumen-dokemen penting, dan salah satunya adalah CV.

Laura berpesan CV harus dibuat singkat, padat, dan lengkap dengan data pribadi, riwayat edukasi, pengalaman, pencapaian dan keterampilan. Kandidat juga harus memerhatikan jenis industri dan kualifikasi perusahaan yang harus dimasukkan ke dalam CV.

Contoh, pendaftaran ke pemasaran dan pengiklanan secara general akan lebih condong ke CV dengan desain kreatif, sedangkan pendaftaran ke perusahaan perbankan lebih mementingkan kelengkapan informasi dalam CV.

Prinsip 3T dalam wawancara kerja

Biasanya, alur rekrutmen perusahaan dilaksanakan sebagai berikut pelamaran, pengerjaan tes masuk, wawancara, FGD (Focus Group Discussion), dan pemeriksaan kesehatan.

Dalam proses wawancara, prinsip 3T (Tools, Technique dan Trust) dapat diaplikasikan, di mana tools adalah peralatan yang diperlukan, teknik merujuk kepada metode dan latihan untuk menjawab pertanyaan perekrut berbasis situasi-tugas-aksi-hasil serta bahasa tubuh, dan trust merupakan kepercayaan kepada diri sendiri dan perekrut untuk menceritakan segala hal sebenar-benarnya.

Perkaya pengalaman

Saran terakhir yang diberikan oleh Laura adalah untuk mendapatkan pengalaman sebanyak-banyaknya, dalam organisasi, kepanitiaan maupun proyek.

Selain memperkaya CV dan menambah kemampuan, pengalaman banyak membantu dalam mengetahui kesukaan dan ketidaksukaan diri sendiri; mengikuti berbagai aktivitas dapat dilihat sebagai wadah eksplorasi minat untuk karier ke depannya.

Menjalin hubungan dengan orang-orang tepat di pengalaman-pengalaman tersebut juga dapat membantu dalam masa-masa pencarian pekerjaan.

IPK dan pengalaman sama pentingnya

Laura mengingatkan untuk tidak menelantarkan tugas akademik dan berusaha untuk mempertahankan prestasi akademik.

“Masih banyak perusahaan di Indonesia yang menggunakan IPK sebagai sortiran awal kandidat secara manual atau otomatis. IPK melambangkan tanggung jawab mahasiswa atas proses akademis yang sudah dipilih, maka diusahakan untuk meningkatkan nilainya jika waktu masih ada,” kata dia.

Dengan semua kiat yang sudah dipaparkan, dia menyemangati para peserta untuk melakukan proses seleksi yang terbaik dari sekarang tanpa menunda-nunda.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/04/26/101306171/itb-career-center-persiapan-yang-harus-dilakukan-untuk-masuk-dunia-kerja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke