Kompas.com - 23/04/2022, 11:57 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Di Indonesia banyak terdapat perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta yang bisa dipilih calon mahasiswa. 

Namun, ada banyak perguruan tinggi di luar pulau Jawa yang juga memiliki kualitas tak kalah bagus. Salah satunya bisa terlihat dari hasil pemeringkatan yang dilakukan lembaga internasional.

Dari rilis terbaru pemeringkatan Webometrics 2022, ada banyak perguruan tinggi di luar Pulau Jawa yang masuk dalam pemeringkatan.

Webometrics merupakan organisasi pemeringkatan perguruan tinggi seluruh dunia yang dilakukan sejak Juli 2012.

Baca juga: Peneliti UGM Ungkap Faktor Penyebab Tingginya Curah Hujan

Unmul masuk 50 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia

Dari pemeringkatan tersebut, Universitas Mulawarman (Unmul) menjadi perguruan tinggi negeri terbaik di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Bahkan di seluruh Pulau Kalimantan, rangking Unmul masih terjaga di kurun waktu beberapa tahun terakhir.

Melansir dari laman remsi Unmul, Sabtu (23/4/2022), universitas dengan Pola Ilmiah Pokok (PIP) Center of Excellence for Tropical Studies ini kembali menjaga konsistensi sebagai 50 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Hal ini dibuktikan dalam pengejawantahan pemeringkatan skala internasional. Sesuai pemeringkatan Webometrics Ranking of World Universities edisi Januari tahun 2022, Unmul masuk pada posisi 36 dari 2.585 perguruan tinggi negeri dan swasta yang ada di Indonesia.

Pemeringkatan tersebut berdasarkan sistem pemeringkatan berbasis website terhadap perguruan tinggi se-dunia, termasuk di Indonesia.

Baca juga: Aplikasi PeduliLindungi Dinilai Langgar HAM, Ini Tanggapan Pakar Unair

Universitas terbaik di Kaltim versi Webometrics 2022

Kehadiran dan visibilitas web dapat dijadikan indikator kinerja global sebuah universitas. Webometrics menekankan bukan melakukan pemeringkatan website universitas, tetapi melakukan pemeringkatan universitas berdasarkan data website-nya.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.