Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Gelar Youth Verification Challenge, Siswa-Mahasiswa Yuk Daftar

Kompas.com - 04/04/2022, 14:17 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Google News Initiative (GNI) meluncurkan edisi kedua dari APAC Youth Verification Challenge. Bagi kamu yang berusia antara 15 hingga 24 tahun, dapat mendaftar mulai 31 Maret hingga 16 April 2022.

Verification challenge merupakan kursus daring interaktif yang akan berlangsung selama 2 minggu, mulai dari tanggal 18 sampai 28 April 2022.

Tantangan ini merupakan kerja sama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan akan berlangsung dalam delapan bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

Di tahun 2021, verification challenge berhasil menjaring lebih dari 1.000 mahasiswa dari 15 negara, dan tim Jepang dan Korea berhasil menjadi pemenang. Tahun ini, Google memperluas rentang usia peserta, tidak hanya mahasiswa tetapi juga peserta yang berusia 15 tahun.

Baca juga: Mahasiswa Butuh Biaya Kuliah dan Hidup? Daftar Beasiswa Pertamina 2022

Menyelesaikan tantangan untuk melawan hoaks

Pada kegiatan ini peserta akan diminta untuk menyelesaikan berbagai tantangan untuk mengembangkan keterampilan dasar dalam melakukan verifikasi, dan belajar kiat-kiat praktis lainnya untuk memeriksa fakta yang berkaitan dengan informasi yang beredar secara daring.

Setiap tutorial dan tantangan akan dilaksanakan dalam waktu tidak lebih dari 30 menit, dan peserta berhak menerima sertifikat partisipasi dan merchandise Google jika mereka berhasil memenuhi prasyarat yang berlaku, yakni berpartisipasi penuh selama berlangsungnya masa kampanye dari April hingga September.

Kampanye ini dibagi ke dalam empat chapter, yakni:

  • Chapter 1 - Level Up: 31 Maret - 28 April, daftar dan pertajam keterampilan kamu selama mengikuti kursus darung.
  • Chapter 2 - Meet the Legends: 25 April - 13 Mei, bertemu dengan para pemeriksa fakta profesional untuk sesi AMA langsung, dan uji keterampilan.
  • Chapter 3 - A Detective’s Test: 1 - 14 September, di babak ini kamu dapat mendaftar sebagai tim untuk menyanggah informasi fiktif secara langsung dalam kelompok-kelompok yang berbeda.
  • Chapter 4 - Battle of the Finest: 21 September, tim pemenang dari setiap kelompok akan saling berhadapan dalam pertandingan pemeriksaan fakta tingkat regional di konferensi misinformasi tahunan GNI, Trusted Media Summit.

Baca juga: Cerita Jevon, Mahasiswa ITB Prodi Aktuaria Peraih IPK 4

Peserta yang berhasil menyelesaikan tantangan berhak menerima sertifikat partisipasi dari organisasi pemeriksa fakta setempat dan merchandise Google.

Yuk, daftarkan dirimu melalui laman https://www.verificationchallenge.com/id 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com