Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Jasmine Jadi Lulusan Terbaik Unpad, IPK 3,83 Lulus 3,5 Tahun

Kompas.com - 28/03/2022, 14:55 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Lulus kuliah dengan IPK 3.83 dan masa studi 3,5 tahun, Jasmine Putri Rafifa terpilih menjadi Wisudawan Terbaik Sarjana pada Wisuda Khusus Universitas Padjadjaran (Unpad) Gelombang II Tahun Akademik 2021/2022.

Dilansir dari laman Unpad, Senin (28/3/2022), Jasmine yang merupakan mahasiswa Program Studi Ilmu Aktuaria Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran (Unpad) menyebut, kuliah di Prodi Ilmu Aktuaria baginya sangat menantang.

Belajar ilmu aktuaria membuatnya harus belajar berbagai ilmu seperti statistika, akuntansi, matematika, hingga pemograman.

Baca juga: Cara Belajar Jan Meyer, Peraih IPK Tertinggi ITB 2021

Buat skala prioritas hingga aktif organisasi

Bagi Jasmine, yang terpenting adalah fokus dan mengetahui skala prioritas dari setiap kegiatan yang diikuti.

“Kita harus bisa menetapkan skala prioritas kita,” ujar Jasmine seperti dilansir dari laman Unpad.

Meski jadwal kuliah terbilang padat, Jasmine merasa perlu untuk mengikuti kegiatan kemahasiswaan dan magang untuk menambah kemampuannya.

Jasmine bahkan pernah menjadi Kepala Departemen Relasi dan Informasi Himpunan Mahasiswa Aktuaria Unpad (2019-2021) dan Staff Hubungan Eksternal – BEM FMIPA Unpad (2021).

Selain itu, ia juga aktif di sejumlah kepanitiaan di sejumlah kegiatan di tingkat program studi, fakultas, dan universitas.

Selama menjadi mahasiswa, Jasmine mengikuti tiga program magang di tiga perusahaan, di antaranya melalui program PMMB BUMN dan Kampus Merdeka.

Jasmine berharap, bekal akademik dan non-akademik selama menjadi mahasiswa itu dapat ia implementasikan dengan baik di dunia kerja. Sejak awal Maret 2022, ia pun telah bekerja di salah satu perusahaan asuransi pada bagian actuarial reinsurance.

Baca juga: Cerita Jevon, Mahasiswa ITB Prodi Aktuaria Peraih IPK 4

“Semoga saya bisa mengimplementasikan ilmu yang saya dapat di kuliah. Ini saatnya saya dapat mempraktikkan apa yang saya dapat dari dunia kuliah ke dunia kerja,” kata Jasmine.

Ingin kenalkan prodi aktuaria

Jasmine juga memiliki keinginan untuk mengenalkan ilmu aktuaria ke masyarakat. Menurutnya, masih banyak yang belum mengenal ilmu ini padahal prospek kerjanya sangat baik.

“Saya ingin mengenalkan ke masyarakat karena banyak yang mengira aktuaria ini tentang ikan atau akuarium. Saya ingin mengenalkan bagaimana aktuaria dan prospek aktuaris sebenarnya itu supaya orang-orang bisa lebih paham karena masih banyak orang yang salah paham dengan nama aktuaria ini,” kata Jasmine.

Menjadi salah seorang lulusan terbaik, Jasmine menilai predikat ini merupakan amanah di mana ia harus melakukan yang lebih baik lagi. Ia berharap ilmu yang didapat di bangku kuliah dapat diimplementasikan dengan baik di dunia kerja. Jasmine juga beraharap dapat membawa nama baik Unpad dimana pun ia berkiprah.

Baca juga: 5 Ciri Orang Cerdas Bukan Hanya Dilihat dari IQ, Kamu Punya Ciri-cirinya?

“Harapanku semoga bisa bermanfaat, dan menjaga kepercayaan dan amanah yang diberikan Unpad ke aku sebagai wisudawan terbaik sehingga saya dapat selalu membawa nama baik Unpad, terus memberikan yang terbaik, dan dapat bermanfaat bagi Unpad,” harap Jasmine.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com