Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Eksploitasi Mahasiswa Magang, FIB UGM Gandeng Alumni

Kompas.com - 15/03/2022, 16:21 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Gadjah Mada (UGM), Setiadi mengatakan bahwa hasil evaluasi magang mahasiswa selama satu semester menunjukkan hal yang kurang memuaskan. Salah satunya beban pekerjaan yang melebihi porsi seorang mahasiswa.

Sebelumnya, Program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) telah berjalan lebih dari satu semester. Sejumlah mahasiswa telah melaksanakan kegiatan seperti magang untuk mengisi amanat 20 SKS di luar program studi.

Setiadi mengatakan, hasil evaluasi magang mahasiswa selama satu semester ke belakang sudah berada di tangan fakultas. Namun disayangkan, hasilnya tampak tidak memuaskan.

Baca juga: Beasiswa IISMA 2022 Kemendikbud Dibuka, Kuliah Gratis di Kampus Top Dunia

Magang (mahasiswa MBKM kemarin) ternyata tidak se-ideal yang direncanakan, (di mana) mahasiswa (malah) dibebani pekerjaan yang melebihi porsi seorang mahasiswa yang magang misalnya,” tutur Setiadi dalam Webinar Dies Natalis FIB UGM ke-76: Sinergi FIB dan IKASASDAYA, pada Sabtu (12/3/2022), seperti dilansir dari laman UGM.

Oleh karena itu, FIB kemudian bersinergi dengan Ikasasdaya (Ikatan Alumni Fakultas Sastra dan Budaya) dengan harapan untuk menjamin perlindungan kepada mahasiswa selama kegiatan magang-magang tersebut.

“Karena itu, ketika kita bisa bersinergi dengan alumni yang bekerja di berbagai institusi, negeri maupun swasta, dan lain sebagainya, kita akan lebih kuat. Alumni kita dapat menjaga betul-betul apa yang ingin didapatkan (dari kegiatan magang) sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai melalui MBKM ini,” tambah Setiadi.

Ia menjelaskan, tujuan sinergi FIB dan IKASASDAYA tidak hanya berhenti sampai di situ. Setiadi menuturkan sinergi tersebut juga bertujuan untuk semakin memperbaiki kinerja akademik dan Tridarma perguruan tinggi yang telah dilaksanakan fakultas selama ini.

Baca juga: Cerita Jevon, Mahasiswa ITB Prodi Aktuaria Peraih IPK 4

Alumni akan turut digandeng untuk merumuskan kurikulum di FIB UGM. Semua alumni akan diikutsertakan, baik yang senior maupun junior, baik yang telah bekerja maupun yang masih berjuang mendapatkan pekerjaan.

Hal ini guna menyinkronisasi muatan pelajaran dengan kebutuhan di lapangan, atau dalam hal ini dunia kerja.

“Kita undang senior maupun yang baru bekerja, yang sudah lulus maupun yang masih berjuang mencari pekerjaan. Kita tanya (pada mereka) apa yang kurang dari kurikulum kita ini, muatan apa yang perlu kita tambahkan sehingga kurikulum ini dapat memberikan bekal kepada lulusan untuk berkompetisi di luar sana (dunia kerja) secara lebih baik,” pungkas Setiadi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com