Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenag Dorong PTKN Status BLU Jadi PTN-BH

Kompas.com - 17/02/2022, 13:36 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Agama (Kemenag) mendorong agar seluruh perguruan tinggi keagamaan negeri (PTKN) segera bertranformasi menjadi satuan kerja (Satker), PTN Badan Layanan Umum (BLU), dan Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH).

Hal itu dikatakan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nizar Ali saat menyampaikan laporan pada penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Agama (Kemenag) di Surabaya, Selasa (15/2/2022).

Baca juga: Pakar Kesehatan UGM: Paparan Sinar Matahari Pengaruhi Suasana Hati

"Tranformasi status PTKN ini harus kita dorong agar anggaran PTKN ke depan lebih kuat lagi," kata dia melansir laman UIN Jakarta.

Menurut Nizar, pemerintah saat ini sedang merevisi Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) Nomor 20 Tahun 2023.

Salah satu poin penting dari revisi UU tersebut adalah dorongan seluruh PTN untuk menjadi PTN-BH.

Bahkan saat ini, kata Nizar, PTN "tetangga sebelah" sudah banyak yang menjadi PTN-BH.

Sementara PTKIN baru satu yang akan menjadi PTN-BH, yakni UIN Jakarta.

Karena itu, Nizar meminta agar seluruh satker PTKIN segera menyiapkan diri bertransformasi menjadi PTN BLU dan kemudian jadi PTN-BH.

Baca juga: Pendaftaran PPG Dalam Jabatan 2022 Resmi Dibuka, Ini Syaratnya

"PTKN satker yang biasa harus segera menjadi PTN BLU dan PTN BLU harus menjadi PTN-BH,” ucapnya.

Transformasi satker PTKN ke PTN BLU dan PTN-BH sangat diharapkan untuk mengoptimalisasikan dan pencapaian target anggaran PTKN.

Sebelumnya, dalam Rakernas Kemenag yang dihadiri oleh seluruh pejabat eselon I dan II se-Indonesia itu, Nizar menyinggung soal realisasi penyerapan anggaran di lingkungan Kemenag, termasuk satuan kerja (satker).

Menurut Nizar, Kemenag, termasuk seluruh satuan kerja (satker), berupaya untuk mengoptimalisasi capaian serapan anggaran hingga September 2022 sebesar 90 persen.

"Jika sampai triwulan ketiga tahun 2002 ini realisasi anggaran kurang dari 5 persen, maka anggaran akan Kemenag pada satker akan diblokir sebesar 25 persen," jelas dia.

Baca juga: UB: Kuota SNMPTN Berkurang, Seleksi Mandiri Lebih Banyak

Rakernas Kemenag digelar pada 13-15 Februari 2022 secara luring dan daring serta dibuka Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com