Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UB: Kuota SNMPTN Berkurang, Seleksi Mandiri Lebih Banyak

Kompas.com - 16/02/2022, 17:04 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Brawijaya (UB) menggelar sosialisasi penerimaan mahasiswa baru (PMB) 2022 lewat kanal YouTube UB TV, pada Rabu (16/2/2022).

Menurut Sekretaris Direktorat Administrasi dan Layanan Akademik Heri Prawoto Widodo UB, penerimaan mahasiswa baru UB 2022 lewat tiga jalur seleksi.

Baca juga: SBMPTN 2022, Berikut Cara Registrasi Akun LTMPT Siswa dan Syaratnya

Yakni, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan seleksi mandiri.

Dia menyebut, kuota mahasiswa baru yang ditetapkan LTMPT untuk 2022, yakni 20 persen (SNMPTN), 30 persen (SBMPTN), dan 50 persen (seleksi mandiri).

"Kuota untuk SNMPTN tahun ini berkurang. Jadi secara otomatis jumlah siswa di sekolah yang diterima lewat jalur SNMPTN UB pun juga berkurang," kata dia melansir laman UB, Rabu (16/2/2022).

Heri menambahkan untuk pendaftaran SNMPTN disyaratkan siswa bisa memilih satu atau dua prodi yang berada di provinsi asal.

"Jadi jika jumlah siswa terbanyak yang diterima lewat jalur SNMPTN UB ada di Provinsi Jawa Timur bukan semata-mata karena persyaratan pemilihan prodi di provinsi asal. Namun karena kualitas dan prestasi yang dimiliki siswa SMA di Jawa Timur," kata dia.

Sedangkan untuk jalur SBMPTN, Heri mengatakan secara teknis tidak berbeda dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca juga: UPN Veteran Jakarta Buka Kuota Mahasiswa Baru dari SBMPTN 50 Persen

Sementara untuk Seleksi Mandiri, Heri menjelaskan untuk tahun ini, siswa bisa mengikuti melalui jalur raport atau UTBK.

"Bagi siswa yang tidak mengikuti UTBK bisa mendaftar seleksi mandiri melalui prestasi akademik atau rapor," sebut dia.

Untuk seleksi Mandiri yang menggunakan rapor nilai yang digunakan adalah pelajaran pengetahuan umum dan nilai peminatan seperti Fisika atau Kimia (bagi IPA) dan Geografi dan Akuntansi (bagi siswa IPS).

"Pada seleksi mandiri prestasi akademik ini lebih fleksibel dibandingkan pada jalur SNMPTN terutama bagi anak IPA yang ingin memilih program studi soshum karena nilainya diambil nilai rata rata bukan nilai per mata pelajaran saja," ucap dia.

Kasubdiv Humas Kotok Gurito menjelaskan bagi adek adek yang ingin mendapat beasiswa di UB harus rajin mencari informasi.

Karena, kata dia, banyak instansi pemerintah dan swasta yang menyediakannya.

Baca juga: Dibuka Mulai Hari Ini, LTMPT: Berikut Cara Daftar SNMPTN 2022

"Ada beasiswa yang ditawarkan mulai dari awal kuliah hingga lulus di UB atau mulai dari semester lima hingga lulus kuliah," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com