Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibuka 14 Februari, Simak Cara Daftar SNMPTN 2022

Kompas.com - 13/02/2022, 15:38 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 siap dibuka pada 14 Februari 2022.

Untuk itu, bagi yang telah registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) bisa langsung mendaftar SNMPTN.

Namun bagi yang belum memiliki akun, kesempatanmu hanya tinggal sehari. Sebab, pendaftaran akun LTMPT ditutup pada 15 Februari 2022.

Untuk pendaftaran SNMPTN, memang ditutup pada 28 Februari 2022. Direktur Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi P Widyobroto, meminta agar peserta SNMPTN tidak melakukan pendaftaran di awal-awal atau akhir untuk menghindari terjadinya penumpukan.

“Jangan mendaftar di awal-awal atau akhir-akhir pendaftaran. Biar tidak menumpuk. Waktunya panjang,” kata Budi pada Webinar Sosialisasi Daring Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi tahun 2022 yang disiarkan melalui kanal Youtube LTMPT Official.

Baca juga: Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Simpan Permanen Akun LTMPT

Menurut Budi, jika siswa melakukan pendaftaran secara bersamaan, dikhawartirkan akan berpengaruh kepada kapasitas dan menyebabkan server LTMPT agak macet dan itu biasanya terjadi di awal dan hari akhir pendaftaran.

Untuk itu, siswa dapat mendaftar SNMPTN melalui portal LTMPT yakni https://portal.ltmpt.ac.id/ atau melalui laman https://snmptn.ltmpt.ac.id/

Dijelaskan, tidak semua siswa dapat mendaftar SNMPTN. Hanya siswa yang sudah memiliki akun di LTMPT dan akunnya sudah permanen yang bisa mendaftar.

Termasuk yang dinyatakan sebagai salah satu siswa eligible oleh sekolah, dan memiliki nilai yang lengkap yang dapat mendaftar di SNMPTN. Untuk cara mendaftarnya, berikut rinciannya:

Cara mendaftar SNMPTN 2022

1. Login di portal LTMPT dengan menggunakan alamat email dan password yang didaftarkan.

Jika kamu memenuhi syarat untuk mendaftar SNMPTN, tampilan yang muncul setelah kamu login adalah tampilan seperti pada Halaman Profil yang akan dijelaskan pada bab selanjutnya.

Jika kamu tidak memenuhi syarat untuk mendaftar SNMPTN, akan muncul pesan "Mohon maaf, Anda tidak berhak mengikuti SNMPTN 2022. Silakan mengikuti SBMPTN 2022".

Baca juga: SNMPTN 2022: Pilih Satu atau Dua Prodi, Ini Ketentuannya

2. Siswa melakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengisikan pilihan program studi (prodi) yang dipilih pada halaman "Pilihan".

3. Siswa mengisikan portofolio pada halaman "Portofolio", jika prodi yang dipilih mensyaratkan adanya dokumen portofolio. Jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan adanya dokumen portofolio, halaman "Portofolio" tidak perlu diisikan.

4. Siswa mengisikan prestasi pada halaman "Prestasi". Isian prestasi pada halaman ini
bersifat tidak wajib, artinya isiannya tidak wajib ada. Silakan isikan prestasi yang sesuai dengan bidang dan tingkat prestasi yang pernah Anda dapatkan serta sesuai dengan prodi yang diminati.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com