Kompas.com - 03/02/2022, 13:13 WIB

KOMPAS.com – Gap year adalah masa ketika seorang siswa mengambil waktu istirahat atau rehat dari proses pendidikan formal.

Umumnya, gap year dilakukan oleh siswa sekolah menengah atas (SMA) atau sekolah menengah kejuruan (SMK) sebelum mulai memasuki masa kuliah.

Dilansir Kompas.com dari laman Harvard College, Rabu (2/2/2022), Universitas Harvard di Cambridge, Amerika Serikat (AS) merekomendasikan siswa untuk memanfaatkan gap year selama setahun agar dapat mengembangkan diri.

Pihak Harvard melaporkan, setiap tahun terdapat setidaknya 90 sampai 130 mahasiswa yang memanfaatkan gap year. Mereka mengaku mendapat manfaat positif dari rehat tersebut.

Bahkan, para mahasiswa Harvard membentuk klub Harvard Gap Year Society untuk mendukung sesama mahasiswa yang sedang atau sudah mengambil kesempatan gap year.

Baca juga: Menghafal Vs Memahami, Mana Cara Belajar Paling Tepat?

Kendati demikian, hingga kini gap year belum lazim dipraktikkan di Indonesia. Siswa kelas 12 SMA atau SMK cenderung langsung kuliah usai lulus sekolah.

Padahal, menurut kesaksian salah seorang anggota klub Harvard Gap Year Society dalam unggahan di laman Student Voice Harvard College, Jumat (14/2/2020), kesempatan gap year sangat penting bagi kehidupan mahasiswa.

Seorang lulusan SMA atau SMK perlu mengambil kesempatan gap year jika merasa ingin beristirahat sejenak atau butuh waktu lebih untuk mendewasakan diri.

Siswa juga perlu menjalankan gap year ketika ingin bekerja untuk mendapatkan penghasilan tambahan, butuh mengembangkan keterampilan khusus sebelum mulai kuliah, ingin bepergian untuk menambah pengalaman, atau mengikuti aktivitas sosial dengan mencoba menjadi relawan.

Terdapat begitu banyak alasan bagi siswa lulusan SMA atau SMK untuk mengambil istirahat selama setahun.

Baca juga: Pentingnya Manajemen Waktu bagi Siswa Agar Sukses UTBK

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.