Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berbagi di Masa Pandemi, SMP Islam Alazka Gelar "ABC 2021"

Kompas.com - 20/12/2021, 17:34 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Masa pandemi tidak mengurangi antusiasme siswa SMP Islam Al Azhar Kelapa Gading (SMP Islam Alazka) untuk melaksanakan kegiatan sosial di masyakarat lewat "Alazka Beyond Community" atau "ABC 2021".

Melalui kegiatan "ABC 2021", SMP Islam Alazka membawa pesan pentingnya berbagi dengan sesama, sesuai dengan tema yang diusung tahun ini "Charity Beyond Our Needs". Kegiatan dilaksanakan pada Sabtu (18/12/2021) di lingkungan Yayasan Al Azhar Kelapa Gading dan daerah Pegangsaan Dua.

“Terima kasih kepada seluruh siswa-siswi, orangtua siswa dan para guru SMP Islam Alazka yang terlibat langsung dalam suksesnya acara Alazka Beyond Community (ABC) 2021 ini," ungkap Irsan Nurfaqih Sjamhudi, Ketua Yayasan Al-Azhar Kelapa Gading, melalui rilis resmi (20/12/2021).

"Kolaborasi dan sinergi antara para siswa-siswi dan para guru ini adalah sesuatu yang sangat positif, bagaimana sejak dini para siswa diajak langsung untuk menumbuhkan dan membangun rasa empati dan kepedulian kepada sesama, terutama di masa pandemi saat ini,” jelas Irsan.

Irsan juga menjelaskan, tema ABC yaitu “Charity Beyond Our Needs” membawa arti bahwa kita sebenarnya butuh tetapi kita lebih memprioritaskan yang lebih butuh.

"Tentunya tagline ini diusung dalam rangka menumbuhkan jiwa dan kepekaan sosial terhadap lingkungan bagi siswa kelas tujuh," tegas Irsan.

Dalam kesempatan sama, Irsan juga menyampaikan, acara menjadi lebih menarik karena juga menampilkan performa siswa dalam bidang sport dan science sehingga diharapkan para siswa SMP Islam Alazka ini akan terus meningkatkan prestasinya.

Baca juga: Eduversal Galang Donasi Pendidikan EduRun Charity Virtual 2021”

Metamorfosis ABR ke ABC 2021

Masruri, Kepala Sekolah SMP Islam Alazka menjelaskan, kegiatan ABC 2021 terdiri dari bakti sosial, cek kesehatan gratis, sport corner, dan science corner.

Tahun ini, penerima bakti sosial berjumlah 110 orang yang terdiri dari anak yatim, piatu, dhuafa, janda, dan lansia. Para penerima mendapatkan bingkisan dan uang transport yang secara langsung diberikan di daerah Pegangsaan Dua dan disiarkan secara live di Auditorium Al Azhar Kelapa Gading.

Al Azhar Beyond Community (ABC) merupakan suatu program berbagi yang digagas manajemen SMP Islam Al Azhar Kelapa Gading (SMP Islam Alazka) dan didedikasikan untuk para yatim dan dhuafa di lingkungan guru karyawan dan Al Azhar Kelapa Gading sendiri.

Program ABC merupakan satu metamorfosa dari kegiatan tahunan sebelumnya yaitu ABR singkatan dari Al-Azhar Basic Research bagi siswa kelas tujuh dalam rangka menumbuhkan simpati dan empati bagi masyarakat yang membutuhkan.

Biasanya kegiatan ABR dilaksanakan di luar kota dengan melibatkan penduduk setempat sebagai orangtua asuh dan kelas tujuh terlibat langsung dalam keseharian orangtua asuh kemudian membuat report pada akhir kegiatan

Namun karena kondisi pandemi maka ABR berubah menjadi ABC yang merupakan satu metamorfosa kegiatan yang fokusnya adalah donasi bagi masyarakat yang terdampak pandemi.

Metamorfosa kegiatan ini tentunya tetap bertujuan bagaimana dalam satu kondisi baik lapang maupun sempit tetap SMP Islam Al Azhar Kelapa gading memberikan bantuan yang diharapkan bermanfaat bagi penerima.

"Syukur alhamdulillah pada kegiatan ABC tahun ini kami bisa mengumpulkan donasi kurang lebih 42 juta dan juga ditambah dengan dukungan uang kegiatan melalui Yayasan Al Azhar Kelapa Gading kurang lebih 22 juta sehingga total dana terkumpul sekitar 64 juta," ungkap Masruri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com