Kompas.com - 29/11/2021, 14:27 WIB
Fauzul Azhim bin Fakhrurazi Calon Ketua PPI Turki Dok. PPI TurkiFauzul Azhim bin Fakhrurazi Calon Ketua PPI Turki

KOMPAS.com - Tak hanya menjalani studi, mahasiswa Indonesia yang tengah menempuh pendidikan tinggi di luar negeri juga bisa berperan aktif dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI).

Melalui PPI, mahasiswa Indonesia yang berkuliah di luar negeri dapat berbagi, bersinergi hingga bersama-sama berupaya membangun negeri melalui pendidikan.

Salah satu mahasiswa Indonesia yang aktif menjadi bagian PPI ialah Fauzul Azhim bin Fakhrurazi. Fauzul kini sedang menempuh pendidikan Master di jurusan Ilmu Politik dan Hubungan Internasional, Istanbul Sabahattin Universitesi (IZU).

Fauzul resmi menjadi kandidat Calon Ketua PPI Turki Periode 2022-2023 dan mendapatkan nomor urut satu berdasarkan hasil Surat Keputusan KPU PPI Turki pada tanggal 20 November 2021.

Baca juga: 5 Beasiswa S2 Luar Negeri yang Terima IPK di Bawah 3

Ia bercerita, menjadi aktif di PPI karena dirinya senang untuk terjun di organisasi sejak masih SMP. Sehingga, mengatur SDM, organisasi, waktu hingga menjaring relasi bisa dibilang sudah menjadi minat sejak bersekolah.

Terlebih, kata dia, PPI adalah platform untuk pelajar Indonesia berinteraksi dengan sesama pelajar dan juga pemerintah Indonesia. “Kita bisa langsung berkontribusi untuk para pelajar dan kepada Negara,” imbuh dia.

Namun, terang Fauzul, di SMP dan SMA dirinya dibentuk dari organisasi yang berbasis kekeluargaan bukan politik.

“Jadi tipe kepemimpinan saya lebih mengarah kepada bagaimana menciptakan suasana yang nyaman kekeluargaan tapi efektif dan produktif,” paparnya.

Baca juga: PPI Dunia Mobile App, Beri Perlindungan bagi Mahasiswa Indonesia di Luar Negeri

Beasiswa S2 dan aktif di PPI

Pemuda berdarah Minang yang berdomisili di Jakarta ini menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) jurusan Hubungan Internasional kemudian ia bekerja sebagai Sekretaris Biro di International Relation Office Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ).

Event kerja sama antara UMJ dan IZU, menjadi pintu gerbang Fauzul untuk mengenyam pendidikannya sekarang. Ia berhasil melanjutkan pendidikannya dengan IZU Scholarship, beasiswa yang diberikan oleh pihak universitas.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.