Kompas.com - 22/11/2021, 11:56 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Jika Hari Anak Nasional selalu diperingati tiap tanggal 23 Juli, Hari Anak Sedunia diperingati tiap tanggal 20 November.

Keberadaan anak-anak perlu dibimbing dan dilindungi orang dewasa khususnya orangtuanya. Di era saat ini bahkan makin banyak tantangan dalam mendampingi tumbuh kembang anak-anak. Termasuk juga menjaga mereka agar terhindar dari dampak buruk media digital.

Psikolog Ika Yuniar Cahyanti mengatakan, pandemi Covid-19 membuat anak lebih banyak untuk mengakses media digital pada gawai atau smartphone.

Baca juga: Siswa, Yuk Kenali Kata Gaul dalam Bahasa Inggris yang Biasa Digunakan

Pendampingan penting agar anak tidak kecanduan

Menurutnya, orangtua atau pendamping anak harus mampu menjaga agar tidak menimbulkan efek buruk terhadap kesehatan ataupun kecanduan gawai.

"Misalnya dari segi kesehatan mata, anak-anak di bawah 9 tahun maksimal mengakses gawai selama dua jam. Tapi kalau untuk anak Sekolah Dasar (SD), dapat mengakses selama tiga sampai empat jam," urai Ika Yuniar seperti dikutip dari laman Universitas Airlangga (Unair).

Berdasarkan imbauan dari Dinas Pendidikan, kegiatan belajar dalam jaringan (daring) sebaiknya memiliki durasi yang tidak lebih dari satu jam untuk anak pra-sekolah sehingga tidak terlalu lama.

Dosen Fakultas Psikologi Unair ini menjelaskan, apabila anak terlalu lama mengakses media digital maka akan berdampak pada sisi psikologis.

"Ketika anak-anak terlalu sibuk dengan gawainya, maka dia cenderung lupa dengan aktivitas yang lain," ungkap Ika.

Baca juga: Keren, Tim Riset ITB Olah Limbah Kopi Jadi Produk Makanan dan Minuman

Perlu strategi mengawasi penggunaan gawai pada anak

Dia berpesan, sebagai orangtua memerlukan strategi khusus guna membatasi gawai pada anak.

Orangtua dapat membuat kesepakatan dengan anak untuk membatasi pemakaian gawai. Misalnya, dari segi durasi pemakaian.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.