Kompas.com - 22/11/2021, 09:24 WIB
Tim dari Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) Institut Teknologi Bandung (ITB) mengolah Cascara atau kulit buah kopi menjadi produk makanan dan minuman. Tangkap layar laman ITBTim dari Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) Institut Teknologi Bandung (ITB) mengolah Cascara atau kulit buah kopi menjadi produk makanan dan minuman.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Sudah menjadi salah satu kewajiban mahasiswa sebagai bagian dari sivitas akademika untuk memberikan solusi dari permasalahan yang ada di masyarakat.

Caranya yakni dengan penelitian atau inovasi-inovasi yang dilakukan para sivitas akademika. Seperti yang dilakukan tim Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati Institut Teknologi Bandung (SITH ITB) yang berbagi pengetahuan mengenai pengolahan kulit kopi ceri kepada Kelompok Wanita tani (KWT) Mekar Mandiri di Desa Cibunar, Kecamatan Rancakalong, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Berkat sentuhan dari tim SITH ITB ini, Cascara atau kulit kopi ceri yang sering kali menjadi limbah ternyata bisa diolah menjadi berbagai macam produk dan memberikan cita rasa unik. Tim riset SITH ITB ini terdiri dari Muhammad Yusuf Abduh dan Mia Rosmiati. 

Baca juga: Kisah Haru, Balita Ini Mewakili Wisuda Ayahnya yang Meninggal

Ilmu pengolahan Cascara sangat bermanfaat

Kegiatan yang dilakukan pada pelaksanaan diseminasi itu mencakup pelatihan pembuatan marble cake dan cookies berbahan dasar Cascara. Cascara juga diolah menjadi minuman kekinian. Pelatihan ini disambut baik berbagai kalangan masyarakat di Desa Cibunar.

"Adanya kegiatan ini, Alhamdulillah banyak sekali manfaatnya untuk kelompok kami di antaranya kita dapat mengetahui berbagai macam bahan-bahan untuk membuat kue, minuman, dan berbagai macamnya lagi," terang Risa Meiyani salah satu anggota KWT Mekar Mandiri di Desa Cibunar seperti dikutip dari laman ITB, Minggu (21/11/2021).

Menurut Risa, dia dan anggota KWT lainnya dapat memanfaatkannya dari bahan kopi khususnya kulit kopi atau Cascara dan bahan makanan lainnya.

"Kami tentu berterima kasih untuk pembinaan dari ITB ini sehingga bisa mempunyai resep-resep terbaru," papar Risa Meiyani.

Baca juga: Kampus Berkelanjutan, Unpad Raih Trees Rating 3,5 dari UI Greenmetric

Cascara tinggi antioksidan

Penelitian yang telah dilaksanakan selama tiga tahun terakhir ini terinspirasi dari manfaat yang dihasilkan Cascara. Seperti tingginya antioksidan dan beragam nutrisi lainnya yang sering kali tidak diolah dan malah menjadi limbah.

Antara hasil dari penelitian ini tim riset SITH ITB berhasil menghasilkan tiga produk turunan Cascara antara lain:

1. Kue

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.